Mengurus Paspor di Bogor, Indonesia.

June 30, 2008 at 3:37 pm 19 comments

Kantor Imigrasi Bogor, Indonesia.

Jl. Jend. A. Yani No. 65. Bogor.

Ini menurut pengalaman gue.

Day 1 – beberapa hari lalu, gue ke kantor imigrasi di Bogor, langsung saja ke sebelah kiri (gak usah masuk kantornya), menuju ke tempat foto-kopi, di sebelahnya ada loket penjualan formulir aplikasi Paspor. Bayar Rp. 15.000,- Dapat map kuning berisi kertas-kertas Formulir yang harus diisi sama sampul Paspor baru. Di dalam map ada juga keterangan daftar dokumen yang harus dilengkapi.
Dokumen Paspor antara lain:
Foto kopi KK,
Foto kopi KTP.
Foto kopi Surat Baptis (kalau punya surat baptis)
Foto kopi Akte Kelahiran.
Foto kopi surat nikah (kalo gak salah)
Foto kopi surat cerai (kalau ada)
Foto kopi surat penggantian nama (kalau ada)
Day 2 – Senin, 23 Juni, gue ke kantor Imigrasi untuk urus lagi, bawa semua dokumen, paspor lama (untuk yang mau perpanjang), dan formulir aplikasi yang udah diisi lengkap.

Btw, customer service-nya kurang ramah. So, siap-siap aja kalo dia melayani dengan muka tak berekspresi dan pengen cepet beres.

Ambil nomor antrian, lalu tunggu nomor antrian dipanggil. Setelah dipanggil ke salah satu loket, dan diberi slip tanda terima, diminta untuk datang lagi hari Kamis. Tapi gue bilang gak bisa, so, diundur hari Jumat.

Day 3 – Jumat, 27 Juni, ke kantor imigrasi dari jam 8 pagi, dan kantornya baru resmi ‘Buka’ dan beroperasi jam setengah 9 pagi. Orang-orang udah rame. So, gue rekomendasiin buat dateng pagi-pagi biar gak ngantri panjang.

Btw, pas ngantri nomor antrian, (dasar orang indonesia) pada kagak ngerti bahasa sendiri, “ANTRI”, tapi mereka pada nyelak. Diladenin lagi sama petugas imigrasinya. dalam hati gue udah penuh makian, tapi seperti biasa, cuma diem doang. Segitu di kantor imigrasi. Gimana entar kalo udah di luar negeri?

Dah gitu, dipanggil nomornya, bayar Rp. 270.000,- untuk pengurusan paspor, lalu diwawancara. Saat ini kita harus membawa semua dokumen asli dari semua foto kopian yang pernah kita bawa hari sebelumnya. Kemudian di foto, di ambil sidik jari. Selesai dalam waktu sekitar 1 jam.

Btw, sidik jarinya udah keren euy. Pake scanner, bukan tinta lagi.

Terus, tanda tangan ini dan itu, terus di kasih tahu lagi untuk ambil paspor baru hari Selasa depan.

Day 4 – Selasa, 1 Juli, langsung ke Loket Pengambilan Paspor. Dapet deh paspor barunya.

Btw, paspor barunya enggak dikasih sampul barunya, yang gue dapet di Day-1. Pas gue minta ke petugas imigrasi, dia dengan enggak mau repotnya bilang, “Wah, saya enggak tahu. Memang ditaro di mana?”

“Kan ada di map kuning.” Gue jawab.

“Wah…sekarang, map-nya sudah tidak tahu di mana. Bukan saya yang pegang.”

“89(#$(*&@#^” Seribu makian di hati gue lagi lagi.

So, bagi yang baru beli Map Kuning berisi formulir. Mendingan sampul paspor barunya, simpen aja di rumah!

About these ads

Entry filed under: hari ini. Tags: , , .

di manakah JIExpo? sms

19 Comments Add your own

  • 1. quicksand  |  July 1, 2008 at 11:26 pm

    total biaya yg keluar sampe paspornya kepegang tangan berapa, green?

    Reply
  • 2. greenerz  |  July 2, 2008 at 12:35 am

    Beli Application Form: Rp. 15.000,-
    Urus Paspor : Rp. 270.000,-
    ———————————— +
    Total : Rp. 285.000,-

    Tambah ongkos, ya itung aja ndiri. hehe.
    Thanks quick, for the question. Hueeeh, kaget juga, ada yang baca blog gue.. si quicksand pula.. hahaha..

    have a great day…

    Reply
  • 3. quicksand  |  July 2, 2008 at 10:45 pm

    thanks to u, green.
    huhuhu… :( gue jadi warga bogor aja ah, kok kyknya ngurus paspornya lebih nyaman & murah ya

    Reply
  • 4. greenerz  |  July 3, 2008 at 2:55 am

    masa sih? huehehe… sok atuh pindah ke bogor.. hihihi..
    Mang di Jakarta biayanya berapa?

    Reply
  • 5. quicksand  |  July 3, 2008 at 9:20 am

    gue dulu kena 300rb-an lebih :(

    Reply
  • 6. greenerz  |  July 3, 2008 at 1:03 pm

    waduh… :P

    Reply
  • 7. beranibaca  |  July 9, 2008 at 11:08 am

    thanks ya tulisannya… lumayan ngebantu nih..

    Reply
  • 8. greenerz  |  July 9, 2008 at 3:02 pm

    thanks juga dah dibaca.. :D
    gudluck ngurus paspornya.

    Reply
  • 9. parunggede  |  July 10, 2008 at 3:19 am

    ngurus pasport sich gampang dimana aja tapi ini buat yang punya suami ato istri orang asing tolong perhatiin ya
    Setahu gue kawin bawah tangan ama orang asing bakalan di anggap kawin kontrak ama kepala imigrasi bogor terus di jadiin berita di media buat popularitas dia biar naik jabatan udah gitu ditangkep dech orang asingnya terus dimintai duit pungli dech biar bebas ditakut-takutin masuk penajara..jadi jauh-jauh dech dari imigrasi bogor tar kena tangkep ame tuch kepala imigrasinya ibrahim saleh buat die kan nikah agama gak sah soalnya gak tau punya agama apa kagek ya tuch org

    Reply
  • 10. greenerz  |  July 10, 2008 at 2:01 pm

    Oh…begitu ya?

    Reply
  • 11. parunggede  |  August 25, 2008 at 10:31 am

    iya..ini bukan cerita basi atau isapan jempol belaka man, coba aja tanya2 orang2 sekitar imigrasi bogor pasti udah pada tau licik kayak uler kepala imigrasinya terkenal tuch orang. emang pingin jadi artis kale ye gak kesampaian IBRAHIM SALEH biang korupsi dan pungli. KPK tangkep tuch oramg jangan diem aja dan depkumham malu dong punya aparat macam IBRAHIM SALEH.

    Reply
  • 12. Andi  |  December 4, 2008 at 4:16 am

    Dear Greenners, apakah setiap hari pengurusan dari 1-4, pemohon harus selalu hadir ?

    Reply
  • 13. greenerz  |  December 4, 2008 at 1:59 pm

    Kalo nggak sempet beli mapnya ya diwakilkan aja gak papa. Coz itu kan cuma beli map kuning dan formulir. Tapi yang penting pas interview harus datang.

    Reply
  • 14. Dona  |  October 4, 2009 at 4:54 am

    Green, bisa kasih rute angkot kantor imigrasi bogor dr terminal laladon ga? mau bikin paspor nih. thanks yah

    Reply
  • 15. nita  |  August 25, 2010 at 4:24 am

    biaya itu untuk pasport baru dan perpanjang kah? atau beda?.nuhun

    Reply
    • 16. greenerz  |  September 30, 2010 at 2:02 pm

      kayaknya beda. Sori gue belum cek biaya bikin paspornya…

      Reply
  • 17. Patricia  |  March 29, 2011 at 7:13 am

    Thank you yah infonya…sangat membantu :)

    Reply
    • 18. greenerz  |  March 30, 2011 at 5:47 am

      Sama-sama

      Reply
  • 19. idhan  |  May 4, 2011 at 7:26 am

    sekarang udah berapa harga formulirnya om? denger2 temen sih udah 30rb apakah bener??

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: