Perpanjang SIM

July 16, 2008 at 4:47 pm 4 comments

Mendadak, siang ini gue dipaksa bokap perpanjang SIM. secara udah tanggal 2 kemaren abis, jadinya bokap bt gak bisa nyuruh-nyuruh gue gantian nganter kk gue ke terminal. Hahaha…

Jam 11 siang gue ma bokap tercinta ke kantor polisi Bogor yang ke arah Cibinong itu. Bokap temenin gue ke pos polisi depan, dan polisi di situ langsung menawarkan diri dengan gembira, “Mau dibantu atau sendiri aja, Pak?” Bokap gue yang emang males ngantri bikin SIM mau dibantu aja biar cepet. Guenya… ikut-ikut aja. Hehe.

Singkat cerita aja deh. Akhirnya gue milih untuk enggak dibantu. Dan begini prosesnya.

Siapkan:
Foto kopi KTP dan SIM.
Map kuning.
Bolpen (untuk isi formulir).
MP3 player (optional, utk ngilangin bt. hehe).
Majalah/buku (optional, utk ngilangin bt juga).

Sebelum ke loket, langsung aja ke tempat pemeriksaan kesehatan yang pasti di setiap kantor polisi utk bikin SIM gak jauh dari situ. Bayar Rp. 15.000. Terus, kasih kertas-kertas yang dikasih dari situ ke salah satu loket. Tentunya loket untuk perpanjang SIM. Di sini bayar lagi Rp. 60.000. Dah gitu, tunggu di panggil.

Di Bogor (gak tau di kota lain), mereka gak punya toa atau microphone, jadi manggilnya manual pake suara. Jadi, musti denger baek-baek. Nah, dipanggil ke satu ruangan. Di situ sepertinya ruangan untuk tes teori yang baru mau bikin SIM pertama kali. Kalo kasus kita, perpanjangan SIM, maka, kita di situ cuma isi satu lembar formulir aja kok. Udah beres, tinggal lanjut nunggu di Foto.

Ini dia yang bikin bete. Karena kameranya cuma 1, jadi yang ngantri untuk difoto banyak banget. Kalo antriannya berdiri, bisa kayak di Dufan, belok-belok. Hahaha… Di sinilah MP3 player dan majalah berperan penting.

Tungguin aja, standarnya sejam lah. Kalo bisa lebih cepat, ya bagus berarti.

Waktu nama kita dipanggil untuk foto, berarti sebentar lagi udah beres prosesnya. Tinggal ambil sidik jari, di foto (jangan lupa senyum, pake kaos juga gak papa), terus udah deh… tinggal nunggu SIMnya di print, gak nyampe 10 menit beres, dapet SIM baru.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

pilih satu atau banyak? 19.07

4 Comments Add your own

  • 1. quicksand  |  July 17, 2008 at 8:21 am

    kalo di sana kualitas hasil fotonya gimana? kalo di jakarta gembel bgt (jelek), terkesan asal jepret.

    Reply
  • 2. greenerz  |  July 17, 2008 at 2:57 pm

    Lumayan. Lumayan jelek. hahaha.. muka gue jadi tambah tembem. haha. halah..

    fotonya lumayan bagus kok, gak blur. Gak asal jepret. Tapi agak gelap sedikit. Tapi tanda tangan gue jadi keliatan kecil banget. Trus sidik jari gue rada berantakan.

    Reply
  • 3. Kabayan  |  September 21, 2010 at 8:10 am

    Waahh…5 tahun yang lalu gw mau perpanjang ribet banget di bogor, malah salah satu petugas bilang harus bikin baru lagi….gubrakz…akhirnya gw bikin baru lagi….sm petugas tadi kena 250rb, cepet juga sih…sejam tanpa tes macem”…oktober besok harus perpanjang lagi….gw mau coba urus sendiri ah…pengen tau prosesnya…ada SIM keliling gak ya kaya di Jakarta gitu???

    Reply
    • 4. greenerz  |  September 30, 2010 at 1:58 pm

      hmm.. setahu gue di bogor belom ada sim keliling… hehe…

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


ā€œI've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.ā€

