Hari 1 – Jadi Guru

July 31, 2008 at 12:40 pm Leave a comment

Yup, gue jadi guru. Guru computer selama sebulan lebih 2 minggu. Mulai hari ini, gue bakal ngajar computer kelas 1 SMP, ato bahasa keren sekarang jadi kelas 7.

Hari pertama gue telat 5 menit, dan di back-up sama guru bahasa sundanya. Gue minta buku computer sama kak Ana, ternyata pelajaran pertama itu tentang Komunikasi. Sampai menit gue sampe di sekolah, gue masih belum tahu mau ngajar apa. Pas baca bukunya sekilas, ya udah langsung aja gue terangin sedikit-sedikit. Gak rumit kok, namanya juga pelajaran kelas 1 SMP, belajar tentang teknologi komunikasi yang dipakai, kayak telegraf yang pake kode morse, terus televisi, handphone, terus sama bedanya CDMA sama GSM.

Nah, beres ngajar kelas 1, gue gantiin guru computer kelas 2 sama 3 yang lagi sakit. Pas ngajar kelas 2 ini gue mentok. Bukannya gak bisa, tapi pembahasan mereka itu Microsoft Word, dan harusnya langsung praktek, tapi lab komputernya belum siap, jadi tampilan MS Word-nya digambar dulu di papan tulis. Cuma ngejelasin yang mana Title Bar, Menu Bar, Scroll Bar. Untungnya waktu cepat berlalu, jadi gue bisa beres cepet dengan kasih kuis-kuis kecil aja. Hehe.

Pelajaran kelas 3 yang paling asik. Judulnya aja “Internet”. Semangat ’45 gue ngajarnya deh. Kalo bisa, gue bawa tu anak-anak ke warnet, secara gak ada internet di sekolahan.

Bagusnya mereka excited pas gue jelasin tentang mailing list, chatting, kepanjangan HTML, apa bedanya com, org, edu, dll. Ternyata mereka belum ngerti apa itu .doc, .ppt, .txt, dll. Mereka juga belajar sejarahnya internet. Tapi dari situ juga gue baru tahu sejarahnya internet. Hahaha. Ternyata, dulu itu namanya ARPANET, ARPA itu kumpulan peneliti yang mau bikin jaringan komputer yang menghubungkan komputer dari beberapa universitas di Amerika. Pas berhasil online, tambah banyak lagi universitas lain yang pengen gabung di jaringan ini. Kemudian ada satu lagi orang pinter yang coba-coba bikin program kirim surat yang akhirnya kita sebut e-mail, dengan format pemisah @.

Baru beres ngajar jam 1 siang.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

biar foto panoramio >1000 views CJ7

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

