indonesia compare to china

August 11, 2008 at 2:11 pm 2 comments

Jauh abis!!!

Dari pagi tadi sampe siang, gue menjajalkan diri gue dengan majalah CampusAsia dan GlobalAsia. Yaaa mumpung ada majalah mahal bisa dibaca gratis…hehe.

So, entah kenapa dua majalah ini kayaknya mempromosikan UPH banget. Dengan suksesnya pak Riyadi jadi businessman yang cukup handal di Asia Tenggara, lalu salah satu Universitas terkenal di Singapore malah sampe membuat gedung barunya dengan nama …. Riyadi (lupa nama depannya). Bukan karena Bapak ini yang jadi sponsor utama pembangunan gedung, tapi karena untuk memberi penghargaan pada salah satu bussinessman paling OKE beberapa dekade ini. Yaaa..ini sekilas tentang CampusAsia Magazine.

Kalo tentang China-nya. Jadi, di CampusAsia, ada laporan mengenai studi banding mahasiswa UPH ke China beberapa waktu lalu (lagi-lagi UPH, dan ternyata Pak Riyadi itu salah satu owner Yayasan UPH..hmm.. no wonder). Nah, pendidikan China saat ini sedang naik rating. Sekitar 3-5 (kalo gak salah) universitas dari RRC masuk dalam TOP 200 Universities, salah satunya Peking Univ. (haha, gue inget namanya coz nginget Peking Duck)!!! China benar-benar sedang dalam proses membangun pendidikan dengan kasih dana bantuan yang jumlahnya banyak banget untuk murid-murid SD-SMA. Dan diceritain, untuk kampus-kampusnya sendiri, tidak mengutamakan fasilitas oke, keren, cool, dst dst yang bersifat narsis. Dorm-nya aja biasa aja. Mahasiswanya juga sangat-sangat ‘anak kuliah’ yang gak kayak mahasiswa-mahasiswa Jakarta (binus contohnya) yang ke kampus 1 shift aja gayanya udah kayak mo dugem. Parkiran kampuspun terlihat benar-benar beda, jarang atau malah gak ada mobil-mobil mewah yang dipamerin, melainkan penuh dengan sepeda-sepeda. Malah beberapa sepedanya juga udah reot. Dan… PD aja, yang penting kuliah. Gile, oke banget kan.

Di artikel lain, lagi-lagi membahas pendidikan Indonesia yang sangat buruk. Dikasih beberapa perbandingan seperti ini; Sekitar tahun 19**, China lagi mulai belajar banyak tentang Industri, kalo Indonesia lagi apaaa gitu (sesuatu dengan politik). Dan beberapa tahun kemudian. China udah punya sebegitu banyak produksi asli China, dan Indonesia malah banyak banget pake produk mereka (politiknya bukan tambah baik malah tambah kacau). Perbandingan lain; Beberapa tahun lalu, Malaysia kalo mau kuliah, pasti dateng ke Indonesia utk cari ilmu. Tapi sekarang, mahasiswa internasional di Malaysia paling banyak dari Indonesia.

Haha, betapa bodohnya.

Indonesia juga seharusnya menjadi negara pengekspor minyak, bukan pengimpor minyak. Yaaaa banyak lah hal-hal yang tentu saja kalian sudah tahu.

Pemerintah China memang jauh lebih pintar daripada Indonesia. Sori neh ngebanding-bandingin melulu, abisnya, emang artikelnya begitu. Mereka lebih ingin memajukan sektor lokal. Berusaha gak NGUTANG dan mempergunakan secara maksimum hasil jerih payah dan SDM negara sendiri. Dibandingkan dengan USA, untuk memproduksi satu item, (contoh saja), di Amerika bisa 1 item 1 USD, tapi di China, bisa saja hanya 19 sen. That’s really great, isn’t it?

Biaya akomodasi mahasiswa di sanapun untuk sebulan, rata-rata hanya RP. 100.000 (SERATUS RIBU RUPIAH SAJA)!!! oH, man!!! Untuk kantin di sana, harga disamakan jadi harga mahasiswa, pokoknya untuk mahasiswa benar-benar terjangkau deh. Pemerintah mau kalo semua student bisa ngerasain kuliah. Dan lulus. Coz, pendidikan itu penting abis.

UPH yang lagi keren-kerennya sekarang (gue akui emang keren kampusnya, apalagi kantinnya). Apalagi ada kerja sama dengan Singapore. Tapi gak usah liat UPH, binus aja neh… universitas yang mungkin lebih murah dari Atmajaya dan Trisakti… tapi gue jadi ngerasa bersalah abis berada di indonesia, sebagai mahasiswa.

Rata-rata mahasiswa di sini (yang gue juluki universitas selebriti), duuuh, gayanya… just like, fashion first, some other things second, and education third. Ya gak semua sih, banyak juga sih yang education first. Tapi jarang abis. Gue bangga dengan temen gue, si CHIN-GO, yang menaruh perhatian pada education first, TARA second. Hahahaha…!!! Hidup TARA.

Mudah-mudahan aja beberapa tahun lagi, pendidikan di Indonesia lebih maju dan jauh lebih baik. Kabarnya sih tahun 2010, semua guru di sekolah harus punya gelar S1. Baguslah, way to go.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Premiere TARA3 Gathering Party. anak baru.

2 Comments Add your own

  • 1. quicksand  |  August 11, 2008 at 3:27 pm

    kurang kerjaan apa hopeless ngebandingin Indonesia sama RRC?

    Reply
  • 2. greenerz  |  August 12, 2008 at 2:28 pm

    namanya juga studi banding. Ya ngebanding-bandingin lah, kerjaannya..😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: