banten rafting

September 22, 2008 at 2:26 am Leave a comment

20-21 Sept.

Dari konvoi 10 mobil, gue ikutan di mobil 1, mobil Elf yang guede dan lumayan keren itu. Mobilnya punya JAM, dan dalamnya beeuuuh … tempat duduknya mantep. Cuma tiga orang per barisnya, bisa di mundur-majuin senderannya, ada seatbeltnya, ada gordennya, dan ada TVnya. Gue jadi orang norak selama semalem itu. Call me norak, tapi gue emang gak pernah naik mobil yang ada TVnya. Kalo di pesawat seh pernah, but it’s a very long time ago with JAL.

Kita ke daerah Ciberang, Banten, lewat Rangkas Bitung. Kumpul di MT.H jam 5, baru berangkat jam 7. Di jalanpun banyak berhenti-berhentinya, mampir-mampirnya, gue malah sempet beli es krim dulu, terus nonton filmnya Mr. Bean, dan jam 1 malem baru nyampe di Ciberangnya. Huh.

Penginapan kita di rumah penduduk yang kita invasi satu rumah. Orang-orang yang pada laper, langsung menuju lapangan bakar ikan, tapi sebagian lagi termasuk gue, milih langsung ke rumah aja. Gelar sleeping bag, terus sare dah. Tapi gue baru bisa tidur sekitar jam setengah 3 pagi.

Besoknya, udah semangat mo rafting… kagak mandi, cuma sikat gigi – cuci muka, langsung ganti baju MGR, terus ke lapangan, sehabis makan. Kita briefing dulu sedikit tentang perahu karet, dayung dsb… lalu rombongan pertama langsung diberangkatkan, itu sekitar jam 9 pagi. Gue, Rika, sama Ruli masuk ke rombongan ke-2. Jam 12 siang baru berangkat. BT banget nunggunya. Soalnya perahunya gak cukup.

Setelah rombongan satu nyampe ke base camp lagi, Dame bilang ke gue gak terlalu seru. Beberapa juga bilang gitu sih, hmmm.. tapi gue udah niat mo rafting… ya terima-terima aja lah. Udah bayar lagipula.

So… gue satu perahu sama Rika, bang Jul, Ruli, sama skeeper (ato skipper, gak tahu deh.). Ternyata emang bener, jalurnya enggak terlalu seru. Kita bakal ngarungin sungai ini sejauh 8 km. Mana airnya lagi surut, jadi kita banyak stuck di batu-batu. Bukannya capek ngedayung, tapi cape pindahin pantat ke kiri sama kanan biar gak nyangkut di batu. Puncak ketegangan ada di bendungan, di mana kita terjun bebas setinggi 2 meter. Tapi ternyata… huh… not that interesting. Mungkin yang paling serunya pas terakhir. Kira-kira 150 meter lagi ke ‘pitstop’, di air yang lumayan tenang, skipper-nya turun ke air, dan tanpa sepengetahuan kita, dia mau ngebalikin perahunya. hahaha.. tapi untungnya pada cepet tanggap. haha, jadi pada langsung siap-siap deh. Beuuh, terus dia balikin perahunya, dan kita nyebur, dan posisi ada di bawah perahu yang terbalik. Hahaha.. Terus jadinya, malah kita coba-coba balik-balikin perahu deh. ‘Kelas lapangan’ pelajaran ORAD kemaren di Situlembang. πŸ˜€ Terus, gue ma Ruli, langsung aja melepaskan diri di atas sungai.. halah.. ngikutin arus, sambil memandangi langit biru. Huaaah… asik banget. Ngeliat ke atas sih asik banget. Tapi kalo di dalem airnya.. waaah menderita. 3P (punggung pinggang pantat, lol) sakit-sakit kena batu. Akhirnya, gue naik ke perahu lagi deh.

Nah, terakhir… beuuuh… Ternyata kita kudu nyetopin truk yang lewat dulu buat ke atas lagi. Daaan.. dapetnya truk yang lagi angkut kayu. Gila.. haha.. gila banget. Seruan pas naik truk daripada arung jeramnya sendiri. Gue dapet tempat duduk di atas kayu, yang sama sekali tidak ada pegangan. Jalan aspalnya yang udah bolong-bolong.. Bah, haha, kak Reps yang berdiri ampe jatoh, terus nimpa gue.. parah. Lol.

Gitu dah.

Dari pengalaman gue kemaren, ciberang gak begitu seru untuk ‘perjalanan menuju lokasi yang cukup jauuuuh’, dengan air yang lagi surut. Tantangannya kurang. Kita lama di air, karena sering stuck di batu-batu. Berarti kalo air lagi tinggi, bisa jadi kita lebih cepat sampainya, yang berarti… wah, ‘cepet banget nyampenya. Masa segini doang?’

Dibanding Citarik, mungkin lebih baik ke Citarik. πŸ˜€

[foto-foto rafting: coming soon}

Entry filed under: hari ini.