Sesepuhnya National Geographic

October 3, 2008 at 8:09 am Leave a comment

Setelah bertahun-tahun terkagum-kagum membaca dan menonton National Geographic (NG), tapi baru kali ini gue punya pertanyaan, “Sapa sih yang mulai?” Karena setahu gue, banyak banget terbitan majalahnya, udah jutaan penelitian dilakukan, jutaan video dibuat (tadinya gue mau tulis ribuan, tapi kayaknya lebih :P), ini itu, ini dan itu…

But who’s the founder?

So, tadi gue search by google, dan… ya.. tentu aja dapetnya di Wikipedia, link National Geographic ini. Singkatnya, gue terjemahin, begini…

Tanggal 13 Januari 1888, di Washington DC, beberapa orang pintar lagi nobar (nongkrong bareng :p), ngomongin soal ngebuat NG ini. Akhirnya NG resmi dibuat tanggal 27 Januari, dan Pak Gardiner G. Hubbard jadi presiden NG pertama (FYI: dia ternyata mertuanya Alexander Graham Bell, hmmm.. senangnya hidup dikalangan orang pintar). Dan, menantunya Alexander G. B, Gilbert H. Grosvenor, jadi editor NG pertama selama 55 tahun hidupnya. Gilbert ini adalah bapak dari photojournalism yang lahir di Istanbul.

Tambahan, Gardiner G. Hubbard juga adalah salah satu founder dari Bell Telephone Company (ya iyalaah, perusahaan keluarga..lol). Sebenernya dia seorang lawyer (lulusan Harvard tentunya) financier, dan philantropist

Gardiner Hubbard, presiden NG pertama.

Gardiner Hubbard, presiden pertama NG.

Gilbert Grosvenor, editor pertama NG.

Gilbert Grosvenor, editor pertama NG.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

gak jelaaaz manusia di planet lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: