jadi warga ilegal? enak apah?

October 10, 2008 at 12:19 am 4 comments

Semalam, sekitar jam 11 tumben-tumbennya gue udah berbaring dengan mata terpejam. Sakit kepala gue lagi kambuh. Eh, gak lama, gue dapet telepon misterius. Angka depannya sih +62, tapi lanjutannya 9163****. Provider mana tuh? Males ngangkat nomor gak jelas, tapi entah kenapa hati gue (caelah) menyuruh mengangkat telepon tadi. Lalu sepenggal pembicaraannya seperti ini.

gue: Halo
dia: Ul.. ni Sarah, ul.
gue: eeeh, Sarah. Ya ampuun, apa kabar? Pake calling card, loe?
dia: iya. Ul, gue mau minta tolong ni sama elo.
gue: apa tuh? boleh…
dia: sebelumnya, ul, gue mau kasih tau loe dulu. Gue mau nikah, ul..!!
gue: Huaaaah… (sebenernya gue bingung mau senang, atau gimana)
dia: iya, ul.
gue: Congratz yah..
dia: apa?
gue: Selamaaat, ya, sar..

(fyi, ‘ul’ itu nama panggil dia ke gue, Sarah jg bukan nama sebenernya)

Ternyata itu telepon dari temen gue yang baru aja ngilang beberapa lalu bulan dari peredaran bumi. Sebelumnya dia lagi ada trip ke Amrik bareng teman-temannya, tapi waktu tiba waktunya pulang ke indo, dia gak muncul di bandara. Dan akhirnya, dia memilih menikah untuk memudahkan kehidupannya di sana, di Amrik.

So, what’s up with America? Negara super power yang hampir semua hal dimulai dari sana. Film? Mereka punya Hollywood. Sains dan teknologi? Mereka punya NASA. Musisi? Mereka punya ‘the all time musician’ Madonna. Pekerjaan? Nothing to worry about. Anak kecil aja udah bisa part time di sana waktu lagi liburan musim panas. Jadi perawat atau kerja di home care adalah beberapa pekerjaan yang cukup laris di Amrik sana buat para illegal-ers Indonesia, terutama di west coast-nya. Kuliah singkat nge-dapetin RN (registered Nurse), dan lu bisa kerja di RS-RS dengan penghasilan yang lumayan. Hmm.. bener-bener lumayan loh. Kenalan gue pun bisa punya Speed Boat hanya dengan pekerjaan berstatus RN tersebut. Laah, di Indonesia… perawat cuma bisa apa? Bayar kosan doang sebulan, modal pacaran, ama beli HP baru… 😛 (ya gak tau juga, hehehe). Selain jadi nurse, paling juga kerja pabrik, motong rumput, jaga waitress restoran, dll. Dicatat: I am really talking about illegal people from indonesia. Mungkin paling tinggi pangkat mereka ya itu: Nurse. Parah gak sih? (jangan diitung orang-orang yang emang punya working permit asli untuk kerja di amrik).

Dengan pekerjaan mudah seperti yang tadi gue udah sebutin di atas, (bahkan untuk dapet RN gak perlu lulusan IPA ato IPS loh) karena itu banyak orang indo yang tergiur ke Amrik. Entah bodoh atau bodoh, banyak ex-WNI yang sebenernya di Indo itu udah jadi direktur perusahaan ato manager bla bla bla, tapi rela ke Amrik melepas itu semua dan jadi pekerja pabrik. Pertanyaannya singkatnya, mengapa harus melepas yang sudah baik untuk mengambil yang lebih rendah? Kalo temen gue itu, bisa dikatakan dia udah jadi ‘artis’ di Indonesia. Dia anak pintar yang pintarnya emang pintar loh (gue enggak pernah bisa ngalahin rank-nya dia dari SMP sampe SMA), lalu banyak hal baik lain yang ada di dia, yang sebenernya kalo dia niat kembangin di Indonesia bisa jadi bagus. Singkatnya, dia lagi naik daun di lingkungannya di Indo sini. Tapi dia ninggalin itu semua demi bisa hidup di Amrik. For what? Gue emang gak dapet jawaban langsung yang jelas, tapi gue mengambil kesimpulan: Hell yeah, for love (cowoknya udah duluan cabut ke sono) and living abroad in the US.

Man, gue ngomongin ini, sama sekali bukan karena iri pengen ke sono juga, walaupun saat ini gue emang punya keinginan untuk bisa ke sana. Because I’ve been there before. Dan gue pengen ke sono lagi dengan alasan gue sendiri, yang tentunya bukan untuk ‘ngilegal’. Cuy, gue kasih tau nih ya… Amrik tuh panaz abis (kalo summer, dan ya, untuk daerah tertentu). Panasnya tuh enggak banget. Lebih parah dari Jakarta. Gue ke situ pas bulan Juli, dan gilaaaaaaa… udaranya tuh kering. Gurunnya Nevada tuh yah, anjir!!! Baru pertama gue ngerasa panas yang bener-bener panas. Mo mandi 7 kalipun kayaknya gak bakal kerasa seger. Dari gurun ke gunung ke kebun anggur ke NASA (lewat doang sih, :P), sampe ke gedung kerjanya George Bush, udah gue datengin. Tapi sama sekali gak membuat gue pengen tinggal di sana. Dari alasan makanan, transportasi (mereka gak punya semacam angkot/metromini/mayasari bakti/ojek), sampe alasan SUNDAY LAW. Yang terakhir ini yang paling gue takutin. Cuuy… Sunday law bakalan pertama dijalankan di Amrik! Gak banget dah.

Alasan besar lainnya kenapa gue gak mo ikutan nge-ilegal, because I wanna travel around the world. Kebanyakan orang ilegal di Amrik punya alasan bodoh seperti ini, “dapetin visa amrik tuh susah”. Ya, betul! Karena loe ngajuin visanya pas lagi krisis teroris kemaren. Huu huhu.. Kacian deh loe. Mungkin juga trik mereka untuk dapetin visa kemaren salah. Gue aja ngajuin visa di masa krisis tapi gue dapet kok. Hahaha (sombong mode on). Kalo hubungannya dengan RTW (round the world), yaaa.. u know what i mean lah. Gak usah dijelasin lagi. Namanya juga kalo udah ilegal. Berarti kita stuck di Amrik untuk lebih dari 15 tahun. Tepatnya, waktu kita dah punya Greencard. Dari bedah kasus temen gue tadi, beliau udah pernah travel ke banyak negara, antara lain (setahu gue) Thailand, dan negara-negara Eropa yang cuma satu visa. Kan lumayan tuh. Dan dia baru aja dapet visa Amerika selama 3 bulan. Curhatannya dia ke gue, dia takut gak bakal dapet visa ke Amrik lagi setelah ini. “Maka itu gue memilih gak balik lagi ke indo.” … Cuy… logika aja. Kalo udah keliling ke banyak negara sebelumnya, loe dah terhitung traveler sejati dan kemungkinan dikasih visa itu besar kok.

Jadi.. mudah-mudahan tulisan gue mencerahkan pikiran kalian-kalian yang membaca dan lagi rencana mo nge-ilegal di Amrik. Tapi yaaa. terserahlah, ada bagusnya juga orang-orang ke Amrik. Ngurangin kepadatan penduduk di Indonesia, terutama Jakarta. Hahaha..

Sekian curhatan saya kali ini, terima kasih. Tinggalkan komen kalo sempat, ya. Gue pengen baca pendapat kalian 😀

Entry filed under: hari ini.

Oh Baby stop and stare

4 Comments Add your own

  • 1. zilko  |  October 10, 2008 at 6:14 pm

    Ya mungkin soalnya American Dreamz itu masih hidup, makanya banyak orang yang rela untuk ngejar kesana banget, hahaha… 🙂 Ya disana penghasilan emang gede tapi harusnya kan biaya hidup di sana juga tinggi, hahaha… . Trus kalau mau mudik susah, biaya tiketnya mahal, LOLz….

    Ngapain juga ngilegal yah. Bukannya disana banyak juga tuh kaya razia warga ilegal? Hmmm….

    Reply
  • 2. greenerz  |  October 10, 2008 at 11:04 pm

    Hehehehe.. Tp rata2 mereka mang kaya2 lo.. (lebih dr cukup lah).. Utk mudik (yg dah pnya grinCard), apalg ke negara murah kyk indo. Ya, ga sbrapa lah..

    Iya, byk razia dan bbrapa thn blakangan ni lg lbh gencar. Tp.. Mana? Gak ada yg ddportasi..

    Reply
  • 3. quicksand  |  October 16, 2008 at 2:29 am

    gue pernah denger cerita mirip kyk gini nih… si cewek mo berangkat nyusul cowoknya ke amrik padahal dia udah punya pekerjaan yg lumayan mapan di tanah air (salah satu karyawan bank swasta). sementara di amrik dia ngincer pekerjaan di hotel (posisinya jelas di bawah pekerjaan dia sekarang).
    hmm..mungkin aneh, tp kl dirasa worth it kenapa tidak? yg utama sih paham (dan sanggup nanggung) segala konsekuensi & resikonya sebelum ngebayangin yg indah2 di sana.

    Reply
  • 4. greenerz  |  October 16, 2008 at 9:06 am

    Ya, betul jg.
    Tergantung pemikiran dan tujuan hidup masing2 org.. Kalo gw sih – ngapain jd ilegal kalo kt sdh legal dnegara ndri. Kalo mau krja di negara lain kan bsa ngelamar.. hehehe..

    Reply

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”