Museum & Monumen

December 26, 2008 at 5:31 pm Leave a comment

Bisa dibilang gue hepi hari ini…! Horeee. Hehe. Udah lama gue pengen ke Jakarta Utara, terutama bagian-bagian kota Jakarta daerah Kota, akhirnya kesampean juga.

Hari ini, gue dan anak-anak Adv sama PF jalan-jalan keliling Jakarta. Asik juga ngebawa bocah-bocah ke Ibu Kota. Sebelumnya, rencana kita sebenernya mau ke tempat pembuatan keramik di daerah Depok, tapi ternyata harga per-orangnya udah naik drastis. Untuk bisa ikutan bikin keramik dikenain harga Rp. 70.000/org. Huaah, budget kita nggak segede itu. Jadi deh Plan B kita dijalankan: Planetarium dan Monas. Malah jadi nambah satu tur lagi ke Museum Bahari.
———————–
Museum Bahari
Jl. Pasar Ikan no. 1, Jakarta Utara. Telepon: +62216693406. Dan bagaimana cara ke sananya bisa di lihat di websitenya di sini. Gue sendiri dari halte Transjakarta Jelambar, transit di halte Harmoni ke Stasiun Kota. Nah di Kota, keluar di Bank Mandiri, naik Kopami 02 (warna biru). Bayar Rp.2500, turun di seberangnya Museum Bahari. Museumnya ada di kanan jalan, tapi kayaknya mending titip pesen ke si abangnya, bilangin turun di Museum Bahari. Ciri-cirinya sih gampang sebenernya. Ada di setelah jembatan setelah Pelabuhan Sunda Kelapa, pas di Jembatan itulah jalan masuk ke Jl. Pasir Ikan. Nah, ya di situ itu tuh Museumnya. Ada di pinggir jalan.

Mobil parkir di Menara Museum Bahari itu (yang pinggir jalan), Museumnya sendiri ada di dalam Jalan Pasar Ikan itu. Nggak nyatu sama menaranya.

Dulunya bangunan Museum ini adalah tempat rempah-rempah dikumpulkan. Sekarang, penjajah dah pada pulkam, bangunannya dijadiin museum. Seperti biasa, museum di Jakarta (atau Indonesia) nggak terlalu indah dan biasa aja. Tapi, museumnya tampak lagi direnovasi. Jalan depannya mulai dirapiin. Mungkin karena banyak orang luar juga yang mampir ke sini. Di dalam museum, replika-replika disusun begitu aja, ruangannya juga sepertinya nggak disapu selama seminggu (atau bahkan dua minggu sekali). Biayanya emang murah sih, kalo nggak salah cuma Rp. 2000, dan kita bisa lihat foto-foto beberapa pahlawan Indonesia, contoh-contoh kapal Indonesia, sejarah-sejarahnya kapal dan pelayaran Indonesia, juga ada pajangan-pajangan hasil laut Indonesia.

Dan tentunya, tempat ini buat foto-foto sepia atau greyscale pasti keren. Hehehe.

Museum Bahari

Museum Bahari

Jelajahi semua bangunannya. Bangunannya terpisah-pisah gitu. Yang tempat replika-replika kapal berbentu agak besar juga ada di bagian belakang museum. Jadi, jangan berpikir kalau museumnya cuma yang di gedung depan aja. WC juga tersedia dan lumayan bersih, karena baru dibangun. Nggak bayar kok. Hehe.

Kembali ke parkiran mobil (menara), kita naik ke atas Menara. Dan kerennya lagi, kita bisa naik sampe bener-bener atap menara! Di atas ATAP! Lihat pemandangannya di foto ini (Kalo ngeliat aslinya tentunya lebih asik dan keren):

Di atas menara Bahari

Di atas menara Bahari

—————————-
Monumen Nasional
Tentunya ada di tengah kota Jakarta. Dari Museum Bahari paling cuma 20 menit. Itu juga karena macet di depan Stasiun Kota sama Glodok. Bisa naik Transjakarta dari halte Kota, transit di Harmony, pindah jalur yang ke arah Monas. Turun di Monas. Kira-kira begitu.
Biaya masuk sekitar Rp. 3500, tapi antri untuk ke atas Monas bisa sampe 3 jam, jadi gue dan anak-anak cuma nongkrong di bawah aja memandangi orang-orang yang sedang berjuang antri di dalam kerangkeng pagar Monas.
di Monas
——————
Planetarium
Najong. Batal! Gara-garanya ternyata planetarium tutup dari tanggal 25-26 Des. Padahal sebelumnya udah konfirmasi DUA KALI, nanyain apa tetap buka hari Jumat ini atau nggak, dan dua kali mereka jawab BUKA! Geleuh juga nih. Anak-anak udah pada pengen liat planetarium, dan gue juga! Ah, damn it!
Gue cantumin aja keterangannya:
Senin – Libur
Selasa – 16.30 WIB
Minggu DAN LIBUR NASIONAL – dari jam 10 sampe jam 3 (gue lupa, ntar gue update).
Loket tiket dibuka sejam sebelum pertunjukkan, dan maksimal orang di dalam pertunjukkan ada 320 kursi. Loket akan ditutup kalau pertunjukkan sudah mulai atau tiket sudah habis. HTM: Rp. 7000 (dewasa), Rp. 3500 (anak-anak).
Geleuh, bokis banget tuh ada jadwal LIBUR NASIONAL. Nggak usah ngomong deh! (Sori gue bete banget, coz anak-anak udah dateng jauh dari Bogor!)

Entry filed under: hari ini, travel. Tags: , .

Nightmare Before Christmas Passangers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: