Semalam jadi orang Yahudi

February 10, 2009 at 2:28 am 1 comment

Untungnya, cerita ini cuma mimpi.

Yang gue inget, gue lagi nonton video klip Kelly Clarkson yang judulnya Be Still. Karena gue ngeliatnya gak dari awal, so gue minta Tony buat ngulang dari pertama video klipnya, terus dia rewind deh. Di vidklip itu, Kelly lagi di kereta.

Nah, pas di rewind balik lagi ke awal video, ceritanya jadi beda gitu. Nyeritain tentang satu orang, kalo nggak salah sih cowok. Hidupnya kasihan
banget, dan… ternyata di videonya, dia lagi hidup di tahun 1940an, di zaman
Nazi. Dia dan banyak orang lainnya dibawa ke satu tempat, dan… mereka dibawa ke krematorium. (Oh, man!!! Kenapa gue bisa mimpi kayak gini?!) Dia dan beberapa orang lainnya dibawa ke satu ruangan, dan dibakar hidup-hidup. Ada beberapa tentara Nazi di dalam, lalu mereka nyemprotin api ke orang-orang tadi. Kata gue dalam hati, “Oh, jadi begini cara pembakaran orang-orang Yahudi.” Soalnya, dari buku Night (dikehidupan nyata bukan mimpi) yang gue baca beberapa hari lalu, belum ketangkep sama gue gimana cara tentara SS ngebakar orang-orang Yahudi hidup-hidup. Elie Wiesel cuma bilang, “Bayi-bayi dilempar hidup-hidup,” terus dia cerita kalo dia sama
bapaknya jalan ke api dan tinggal beberapa langkah lagi. Tapi nggak diceritain kayak gimana api tersebut, apakah kayak tungku yang besar banget, atau (dibayangan gue)kayak krematorium itu punya satu ‘tempat sampah besaaaar banget’ yang berapi-api, dan kita harus menjatuhkan diri ke bawah.
Lanjut ke mimpi, tiba-tiba gue dan semuanya (entah siapa pokoknya banyak orang) jadi masuk ke video itu, ‘pindah scene mimpi’. Cerita mimpi gue jadi di ‘rewrite’.

Ceritanya, gue dan teman-teman lulus casting film, dan kita bakal main film.
Filmnya nggak jauh dari tema Auschwitz juga. Di mimpi itu gue aja mpe
terheran-heran, “Wah, perasaan baru tadi malem gue mimpiin kamp konsentrasi,” gue berpikir kalo gue nonton video klip Kelly Clarkson itu mimpi gue semalem sebelumnya, yang artinya ‘mimpi di dalam mimpi’.

Gue jalan dengan sekitar tiga orang lainnya, sama si sutradara. Lalu menuju
satu lapangan rumput luas dan ada banyak orang ngantri. Ngantri apaan juga
nggak tau. Sampe akhirnya kita jalan ke ujung antrian sekitar 100 meter di
belakang, dan baru ngeh kalo mereka lagi di ‘seleksi’. Oh SHIT!

Seleksi di buku Night itu artinya penyeleksian orang-orang Yahudi yang sudah tak layak kerja lagi di kamp konsentrasi. Kalo mereka udah keliatan tua atau lemah atau penyakitan, mereka bakal dibawa ke krematorium, dibakar hidup-hidup. Ato yang udah mati, ya dibakar juga. Pokoknya mereka hobi banget deh bakar-bakar orang. Gila banget.

Di barisan paling kiri, ujungnya adalah krematorium. Gue inget di buku Night, waktu Elie Wiesel sama bapaknya baru aja nyampe di kamp, mereka langsung baris ngantri di depan krematorium untuk dimusnahin massal. Nggak pake seleksi, tapi emang intinya ‘pengurangan jumlah penduduk Yahudi’. Tapi untungnya mereka nggak disuruh masuk ke krematorium. Nah… gila aja, gue mau membakar diri sendiri, jadi, gue langsung pindah barisan ke barisan kedua dari kiri. Di situ, seleksinya lebih baik, yang masih mudah dan berbadan sehat, bakal dibiarkan hidup. So, gue jalan lebih tegap lagi dan senyum ke tentara penyeleksi itu.

Lalu gue dan beberapa orang berhasil gak masuk krematorium, trus kita menghadap ke Hitlernya langsung. Barisan kita ada sekitar 10 baris ke samping dan ke belakang, terus Hitler ngomong banyak banget. Tiba-tiba handphone gue bunyi. ‘Oh, no!’ banget. Sebelnya, susah banget gue nyari-nyari handphone gue di kantong, jadinya hp gue terus bunyi, sampe orang-orang balik ngeliat gue termasuk si Hitler. Gue udah ketakutan 3/4 mati! Sumpah! Terus gue disuruh maju ke depan… Gue dah bener-bener takut bakal diapa-apain, ato malah dibawa ke krematorium. Gue berdoa, berdoa, dan berdoa.  Gue nggak bisa nyebutin doa lagi selain, “Ya Tuhan, ya Tuhan, ya Tuhan, ya Tuhan…!” berulang-ulang. Saat itu handphone gue masih bunyi sampe gue berdiri di depan. Hitler (yang nggak bermuka Hitler itu) ngambil pisau yang mengkilat dan bilang, “Lian, maju ke depan.” dengan muka nggak berekspresi. “JESUS H. CHRIST, loe nyuruh temen gue sendiri ngebunuh gue???” Oh My God!!! Baru kali ini gue bener-bener ngerasain
gimana rasanya bakalan mati. Gue masih sehat, tapi gue bakal dibunuh dengan sepengetahuan gue, ini detik-detik terakhir gue, dan gue akan dibunuh sama temen gue sendiri. So this is how the Jewish felt 65 years ago in real life. So scared of death, so unworthy, and so helpless. Parahnya, itu kejadian nyata, bukan mimpi.

Gue lupa gimana, gue dikasih kesempatan balik lagi ke barisan ngebenerin hp gue jadi silent, tapi dengan syarat gitu. Eeeeh, pas gue lagi jalan ke barisan,
tiba-tiba hp gue bunyi lagi. Aw damn! Menurut buku Night sih, pokoknya jangan mpe kita buat kesalahan ato bikin tentara mereka marah. Bisa berabe.

Gue lupa si Hitler bilang apa, pokoknya keadaannya mencekam banget dan gue sangat amat ketakutan. Saat itu karena hp gue bunyi untuk kedua kalinya, dan gue belum berhasil juga nge-silent hp gue, dia jadi tambah marah sama gue. Doa gue tambah kusyuk lagi. Gue nggak mau mati malam itu. Gue masih mau hidup. Akhirnya gue jalan sambil ngucapin doa Bapa kami yang kebelit-belit. Doa gue jadi kacau, tapi yang penting gue berdoa dan manggil-manggil nama Tuhan, berharap ada keajaiban tiba-tiba Tuhan  turun ke Bumi dan nyelamatin gue layaknya film se-genre Superman(:p).

Gue disuruh maju ke depan lagi, tapi Hitler tiba-tiba jadi baik, dan malah
ngasih gue duit Rp. 50.000 dan nggak jelas tujuannya buat apa. “Ini buat kamu ke warung sana.” Hah? Terus gue kantongin duitnya. Gue iya-iya aja.

Akhirnya, nggak ada hal yang buruk terjadi setelah itu. Temen-temen langsung ngedatengin gue, dan mimpi gue lama-lama ‘fade to black’ dan habis karena gue bangun tidur.

Senangnya, mimpi gue happy ending. Udah dua kali gue mimpi yang terselesaikan. Sayangnya, mimpi pertama itu gak langsung gue tulis karena males :p, padahal mimpinya juga seru tuh. Hahaha.

Mimpi kali ini, seru banget sebenernya pas di mimpi. Apalagi akhirannya, ternyata gue masih hidup, dan mimpinya nggak ngegantung… yeah, I like that. Ahahaha, tapi duh, mudah-mudahan nggak lagi deh gue mimpiin krematorium.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Night Film vs Fashion

1 Comment Add your own

  • 1. Arthur Renaldy  |  February 12, 2009 at 6:48 am

    Lo sebenernya mimpi ketemu Hitler ato Jojon?

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

