checklist ‘ngutan

March 17, 2009 at 5:36 pm Leave a comment

Mulai besok, gue bakalan ‘ngutan’ sampe hari minggu (5 hari). Karena kali ini gue jadi panitia, bawaan gue gak seribet peserta. Checklist berkemah versi gue (panitia. mempertimbangkan tempat berteduh dan makanan gak akan terlalu repot karena ada panitia lainnya yang ngurus):

  1. Baju 4 pasang
  2. Celana panjang 2 pasang (usahakan warna gelap)
  3. Celana pendek 1 pasang, celana short
  4. Matras
  5. Sleeping Bag
  6. Ponco
  7. Tali rafia secukupnya
  8. Tali Pramuka
  9. Pisau (seharusnya bawa, tapi lagi dipinjem jadi gak bawa)
  10. Alat medis pribadi (panadol, neozep, hansaplast – tergantung penyakit pribadi)
  11. Topi rimba
  12. Jaket
  13. Plastik secukupnya (dan plastik sampah hitam besar itu loh)
  14. Korek api
  15. Kamera + Batere + Memory Card cadangan  (krn gue seksi dokumentasi)
  16. Senter + Batere
  17. Sendal + Sepatu +Kaos Kaki
  18. Peralatan mandi (shampo sachet, clean ‘n clear, sabun, sikat gigi, odol, handuk kecil)
  19. Makanan (roti, beng-beng, mie)
  20. Peralatan makan (tupperware, aqua, sendok, garpu)
  21. Catatan nomor telepon penting

catatan:
*Lokasi kempingnya di pegunungan.
*Gue bawa baju 4 pasang karena kemping ini ada kegiatan per-harinya, dan padat dengan kegiatan alamnya (rapelling, rafting, dll). Sebenernya bisa aja gue cuma pake 2 baju selama 4 hari. Kita juga gak bakal mandi sebanyak 2 kali sehari kok :p
*Biasanya juga gue cuma pake sendal. Karena ada pelatihan SARnya, makanya bawa pake sepatu.
*Biasanya peralatan mandi gue cuma sikat gigi. Selebihnya minta-minta. Hahaha.. (pake metode: ringankan backpackmu seringan mungkin). Hal ini juga berlaku untuk peralatan makan.

Tapi untuk peserta survivalnya, ditambahkan ke list-nya:

  1. Misting + parafin/gasnya
  2. Tenda
  3. Makanan (beras, tempe orek, garam,dll)
  4. Golok/Pisau besar, pisau pinggang
  5. Rokok (buat pacet :p)
  6. Alat tulis (pensil, busur, penghapus)
  7. Lilin
  8. Webbing, carabiner, dll

catatan:
*Nomor 8. Untuk panjat tebing/rapelling.
*Nomor 6. Untuk navigasi.
*Nomor 5. Setelah gue kena pacet beberapa tahun lalu, gue jadi berpikir ulang untuk selalu bawa rokok :p
*Nomor 4. Pisau pinggang wajib. Golok, bagi-bagi di kelompok aja.
*Nomor 2. Kalo gak berencana ber-bivak.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

terakhir Aku Pulaaang

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

