FamTrip – 4th Report

April 9, 2009 at 5:22 pm Leave a comment

Bangkok hari pertama: penuh petualangan, tantangan, dan tentunya menyenangkan.

Thanks to Indra, dengan pinjaman buku Lonely Planet Thailand-nya dia, kita survive di hari pertama ini.

Pagi-pagi bangunnya agak telat. Kita emang selalu agak telat bangun, coz kemarennya kita juga selalu jalan sampe capek. Gak mau menyia-nyiakan waktu cuma karena capek. Tapi ya gitu, akhirnya setiap pagi, bangun paling cepet itu jam 7, atau setengah 8.

Beres siap-siap berpetualang hari pertama di Bangkok, kita langsung ke MBK shopping center, terus cari taksi. Ada satu taksi yang lagi nyari penumpang di depan MBK, gue langsung tunjukkin pake peta tujuan kita mau ke mana, tapi dianya kebanyakan bacot dan nawarin nganterin ke beberapa tempat lain. Jadinya kita pergi aja, ke tempat orang-orang yang lagi rame nungguin bis, terus kita nyetopin taksi di sana, dan langsung masuk taksi, “The Grand Palace, please!” Kata gue pede. Eheee.. gue lupa, gue di Bangkok, bukan di Singapore.

Bokap gue langsung nunjukkin peta turisnya Bangkok, tapi dia tetep gak ngerti. Karena tulisannya bahasa Inggris sama Mandarin! Cape deh! Hahaha!

Dengan sigapnya gue teringat buku Lonely Planet. Buka halaman 100, dan langsung (agak) teriak, “Wat Phra Kaew!” Dengan bangganya :)) Wuiiih, si abang sopir taksi (halah), langsung ngeh. Dia mengulai pronounciationnya, tapi dengan ejaan yang lebih bener. Dapet ilmu deh gue.

Sempet gue dan kakak gue berargumen. Kenapa ke Wat Phra Kaew, bukan ke Grand Palace? Karna kita tujuannya ke Grand Palace. Padahal mah Wat Phra Kaew ternyata satu kompleks sama Grand Palace.. :p

Dari daerah pinggiran Bangkok di jalan Rama (kita nginep di Reno Hotel seharga 1200an Baht untuk ber4, fasilitas bagus bener! ke-elitan), pagi ini kita mulai menelusuri lebih dalam kota Bangkok. Pas naik taksi, mulai kelihatan ‘Bangkoknya’. Ukiran-ukiran pinggir jalannya, terus patung-patungnya, dll. Dan apalagi pas nyampe ke kompleks Grand Palace…. Wuiiih… Dengan noraknya tapi tetep pedenya, gue ma kakak gue terpana dan gak sabar mo masuk lokasi wisata pertama kita itu. Bangkok di tur pertama kita ini bener-bener langsung memikat hati kita. Gila banget deh.

Kebudayaan yang bener-bener berbeda dari Jakarta, tempatnya juga bersih… gak heran banyak banget turis yang dateng.

Di Wat Phra Kaew ini, pengunjung harus pake celana panjang sama baju berlengan. Ya, seenggaknya ada lengannya. Gak musti lengan panjang. Dan FYI, Bangkok tuh panas banget. Musti bawa topi atau payung. Buat gue sih topi gak terlalu mempan. Saking teriknya, musti dilapisin lagi sama payung ato kalo punya selendang juga bisa. Karena gak ada selendang, brosur Grand Palace gue jadiin pelindung kepala setelah topi. Sumpah, panasnya matahari nembus topi gue!

Wat Phra Kaew ini tempat yang Harus didatengin kalo lagi ke Bangkok. Arsitektur, ukiran, juga warna semua bangunan dan benda yang ada di dalam temple ini semuanya indah dan menarik.

Wat Phra Kaew

Grand Palace ada di kompleks sebelah Wat Phra Kaew. Setelah bayar tiket, dapet peta kompleks ini buat turis. Ada dua penjaga yang berdiri di depan Grand Palace ini. Salut banget sama mereka karena mereka gak akan bergerak sama sekali biarpun kita ngomong ke dia, ataupun minta fotoan ma dia. Daaaan.. padahal panas bener-bener menyengat!

Keluar dari tempat yang kayak surga, tapi panasnya kayak neraka itu, kita langsung nyeberang, dan cari es kelapa!!! Sedapnyaaa!

Setelah itu lanjut ke Wat Pho, yang dikenal juga sama The Reclining Buddha. Patung Buddha ini gede banget dan sedang bergaya tidur gitu. Sering muncul di TV kok. Nah, seharusnya dari pintu keluar tadi tinggal belok kiri, jalaaan terus, belok kiri lagi. Ato gak tanya aja penduduk lokal di sana. Dari Grand Palace ke Wat Pho itu deket banget, tapi karena Bangkok itu super duper panas dan menyengat, jadinya udah down duluan mo jalan ke Wat Pho. Gue sekeluarga manggil bajaynya Thailand, ‘tuk tuk’. Bayar 40 Baht ke tempat yang ternyata di situ-situ aja.

Yang paling menarik di Wat Pho ya The Reclining Buddha itu, tiket masuknya lupa berapa.

Pulangnya naik taxi deh ke MBK, makan siang di foodcourtnya, dan gue salah milih makanan. Makanannya gak enak gitu. Duh. Bangkok tuh makanannya lebih ‘gak halal’ di banding Indonesia, gue yang rada vegetarian juga jadi susah carinya.

Habis itu keliling-keliling MBK, dan dapet Thai Silk seharga kurang lebih 45THB, beli 3. Harga di shopping center kayak MBK gitu juga gak jauh sama jualan di pinggir jalan. Jadi, jangan takut untuk beli di MBK, tapi tetaplah menawar. Musti rajin cari tempat menawar, coz pasti ada tempat yang lebih murah lagi.

Yang gue hoki di MBK kali itu, gue dapet baju diskonan bagus banget. Dari harga sekitar 300THB, gue dapet 200THB. Wah, langsung gue beli tuh. Kalo di Rupiahin sekitar 65ribu. Padahal kalo dapet di Indonesia gue yakin tuh baju bisa seharga 100ribu ke atas. Hahaha… Sampe malam kita masih jalan di sekitar MBK, trus mampir ke Siam. Jalan di pinggiran jalan raya, nikmatin malam di Bangkok bersama puluhan pekerja Siam Paragorn yang baru pulang kerja di tangga-tangga Siam, sambil makan buah. Secara, muka-muka kita orang Indo kan gak jauh beda sama muka orang Thai, jadi… merakyatlah di Bangkok. Hehehe…

Sampai hotel langsung booking One Day Trip untuk besok. Seorang harganya sekitar 1400THB, tapi bisa ditawar. Kita milih yang ke Elephant Show, The Floating Market, Snake Show, Crocodile Show, sama ke taman bunga apaa gitu lupa.

Paket tur ini ada di setiap hotel-hotel di Bangkok, atau mungkin di travel agent yang banyak ditemuin di Bangkok. Ada yang ke Ayuthaya, Pattaya, dll.. Banyak deh pilihannya.

Entry filed under: travel. Tags: .