Kereta

April 14, 2009 at 4:51 pm Leave a comment

Kira-kira satu tahun lalu, gue sama Linski naik kereta waktu pulang dari Jazz Goes to Campus di UI ke kosan di Jkt. Waktu itu hari Minggu sore. Beuh, kebayang banget penuhnya kereta ekonomi Bogor-Jakarta. Sumpek, bau keringat, sempit, dan gila. Kita berdua termasuk di antara ratusan penumpang nekat lainnya yang pengen murah aja naik kereta. Tujuan kita berdua ke Depok, baru dari Depok nyambung bis ke arah kosan.

Pas keretanya dateng, gue dan Linski udah nyiapin mental lebih aja. Di kereta yang penuh itu, beberapa penumpang di setiap gerbongnya pasti ada yang sampe keluar-keluar, menandakan kalo keretanya emang udah penuh banget, dan seharusnya gak usah berhenti lagi untuk angkut penumpang.

Pas keretanya berhenti, Linski gue suruh duluan masuk… dan gue… hiks… karena bener-bener gak muat, setengah badan gue ada di dalam kereta, setengahnya lagi masih bergelantungan di luar. Gue ketakutan abis karena pegangan gue cuma tangan kiri, itupun gak kuat. Dipikiran gue, gue gak mau hidup gue berakhir karena jatuh dari kereta api! Terus cowok-cowok yang mengelilingi gue dengan baiknya ngedorong gue ke dalam kereta, megangin tangan gue (gue pikir ada orang iseng), terus si Lian narik gue, dan akhirnya dapet pijakan yang lebih aman dan nyaman.

Sejak saat itu gue gak mau naik kereta lagi. Dihindari deh penggunaan transportasi kereta sebisa mungkin.

Beberapa bulan kemudian…

Gue naik kereta. Juga beberapa kali kemudian, gue naik kereta lagi, karena tempat tujuan gue lebih mudah dicapai kalo naik kereta. Entah kenapa, sejak kejadian yang gue ceritain tadi, setiap gue naik kereta, pasti adaaaa aja kejadian aneh ato menarik yang gue liat; ngejadiin stasiun & kereta api tuh tempat yang unik, menurut gue. Hihihi… Mulai dari penumpangnya, orang-orang sekitarnya, sampe perjalanannya.

Gue dah pernah tulis di blog, gue liat anak kecil kira-kira 4 ato 5 tahun yang bertampang sangar dan sok gede, ngisep rokok kayak orang dewasa aja. Gue juga pernah liat ibu-ibu pengemis yang lagi gendong bayi, dan bayinya tuh aneh banget bentuknya; lurus abis, kaku, kayak gak ada daging. Satu-satunya tanda dia bukan benda mati itu matanya yang masih gerak-gerak. Terus, kejadian langka lainnya, gue ngeliat beberapa bule satu gerbong sama gue, bawa tas ransel gede, terus salah satu dari mereka beli mangga. Dia nawar, terus mangganya dikupas, terus dimakan gitu aja. Belepotan ke mana-mana tapi keliatannya dia bodo amat. Dalam hati gue cuma, ‘Gile, dia lebih merakyat dari gue. Gue cuma akan lakukan itu kalo lagi kemping doang. Tapi dia emang dah kelewat jorok kalo gini mah… hahaha’

Kalo penumpang, gue pernah diajak kenalan sama beberapa orang. Yang paling gue inget, ada satu cowok dan satu ibu-ibu. Yang cowok ini bener-bener mencurigakan dan sempet bikin gue panik. Ya iya lah. Jaman gini lagi banyak hipnotis dkk. Lalu dia dengan pedenya nanyain nama gue. Hiii, serem. Selama dia coba ngobrol ma gue, gue berdoa Bapa Kami melulu dalam hati, cuma biar otak gue jalan. Takutnya kalo bengong, jadi deh gue kena hipnotisnya. Nah, kalo si ibu-ibu. She’s really nice. Dia mpe curhat tentang anak-anak sama suaminya. Suaminya yang pertama ninggalin dia pergi, terus yang kedua meninggal karena sakit. Sedihnya, sampe sekarang, biarpun udah dua suami, dia belum juga punya anak. Hmmm… speechless. Setelah turun bareng di Manggarai, dia bayarin pula ongkos naik Kopaja gue. Haduh. May God bless you, aja deh yah, bu. Nice to meet you, anyway.

Terakhir… tadi sore.

Setelah 2 bulan gak ketemu Linski, tadi gue ma Linski ketemuan lagi dan pisahan di antara stasiun Kota sama stasiun Busway kota. Tadinya dia mau pulang bareng gue naik Ekonomi AC, tapi dia ada ketemuan mendadak ma yayanknya di daerah Sudirman. Jadi deh gue berjuang sendiri di Kota.

Tu kereta udah penuh dari sebelum nyampe Kota. Ternyata beberapa penumpang sengaja udah ‘booking’ tempat duduk dari beberapa stasiun sebelum nyampe kota, dan ikutan ke Kota, baru balik lagi ke arah Bogor. Akhirnya, gue gak dapet tempat duduk. Biarpun tu kereta Ekonomi AC, tetep aja penuh. Desak-desakan, dan makin ke Bogor, isi gerbong makin menggila! Untungnya pas gue dah mo pingsan (lebai), gue dapet tempat duduk. Untungnya, gue udah duduk setelah isi gerbong makin menggila lebih lagi. Penumpang dari luar berebut masuk ke dalam sampe berantem-berantem, mana pintu gerbongnya macet pula, jadinya kereta pada di gebuk-gebukin, dikirain penumpang, sengaja gak dibuka gitu sama masinisnya. Ah, gila banget! Gue pikir kejadian begini cuma terjadi di kereta ekonomi aja. Ternyata gue salah.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Nabrak lagi Hmmm!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: