Terminal Baranang Siang

April 20, 2009 at 4:32 pm 20 comments

Naik dari Terminal Baranang Siang (singkat aja TBS):

Terminal Baranang Siang

Terminal Baranang Siang

  • Kalo ke TBS dari arah Sukasari naik angkot, pasti kita turun di belakang TBS. Di manakah TBS itu? Ciri-cirinya, para supir angkot bakal teriak, “Minal..minal..minall!!” sewaktu udah nyampe TBS. Di sana juga banyak angkot yang ngetem, dan loe akan liat jalan di kanan, agak mendaki sedikit. Di sanalah TBS berada. Tapi, loe mau ke mana? Kalo mau naik bis Lebak Bulus, pas masuk TBS, jalan ke kanan, sisanya, jalan ke kiri. Tapi mending tanya-tanya aja langsung sama orang-orang. Repot kalo dijelasin di sini. hehehe.. Lihat di gambar atas aja, gerbang 2 untuk bis-bis jurusan Tj. Priok, UKI, Bekasi, Kalideres, Cibinong, Bandung, Purwakarta dll (hampir semua tujuan). Dan Lebak Bulus (rasis banget) ada di gerbang 1. Di gerbang 1 itulah di mana kalian bisa liat plang bertuliskan “TERMINAL BARANANG SIANG” yang meuni gede pisan eta kalo dari arah Tol jagorawi.
  • Kalo dari arah Sukasari naik kendaraan pribadi, bisa aja langsung turun di gerbang 1 atau 2, sesuai tujuan. Karena kendaraan pribadi pastinya lewat jalan Pajajaran (jalan besar).
  • Nah, kalo dari arah Warung Jambu naik angkot maupun kendaraan pribadi, bisa turun langsung di seberang Gerbang 2. Sebenernya ada jembatan penyeberangan, tapi gue rasa gak terlalu efisien karena jarak nyeberangnya cuma pendek (gue pengen protes seharusnya jembatan itu adanya di penyeberangan sekolah Kesatuan ato di sekolahan SMP gue yang jarak nyeberangnya lumayan jauh dan mengerikan).
  • Sampai di Gerbang 2, tinggal pilih-pilih bis mana sesuai arah tujuan. Rekomendasi gue kalo mau ke Jakarta (UKI/Bekasi), pilih Laju Utama atau Bela Utama, dua bis paling nyaman ke Jkt. Harganya Rp. 7000, cuma beda seribu sama bis non-AC.
  • Kalau mau ke Jakarta (Slipi/ Taman Anggrek/Grogol), mending milih bis ke UKI aja, turun di UKI dan sambung lagi bis P6 (Rp. 2500), atau bis 46 (Rp. 2000). Jangan naik yang ke Kalideres karena harga bis ke Kalideres bisa Rp. 11000, atau mungkin udah naik lagi. Ya itu sih kalo mau hemat. Hitungannya (Bis UKI + P6) = Rp. 9500. Tapi kalo ternyata tetep pengennya naik bis Kalideres dulu, fyi aja, turun di Slipinya bakal agak jauh beberapa meter melewati halte Slipi.

Turun di TBS:

  • FYI, emang bakal sedikit membingungkan untuk yang baru pertama kali ke Bogor naik bis. Karena bakal ada banyak perhentian bis untuk penumpang (apalagi kalo udah malam hari).
  • Turun di seberang gerbang 1: biasanya kalo udah malam, penumpang bisa diturunin di sini secara sembarangan :p.
  • Turun di halte Hero Pajajaran (sekarang Hero udah jadi Giant. Untuk membedakan sama Giant Pajajaran yang satu lagi di Botani Square, gue tetep akan bilang Hero Pajajaran). Tempat turun di halte Hero sini biasanya buat penumpang yang mau ke arah Sukasari. Turun di halte, ada banyak pilihan angkot-angkot ke arah Sukasari, Ciawi, Merdeka, dan Bantar Kemang.
  • Turun di dalam TBS. Karena gak ada ‘link’ langsung untuk bis masuk ke TBS, bis-bis antar-kota harus putar jauh dulu ke arah Sukasari (tepatnya di U-Turn Bale Binarum). Nah, dari terminal, bisa keluar ke belakang (tanya orang aja), dan carilah angkot-angkot yang diinginkan kayak ke arah Merdeka, Pasar Bogor, Warung Jambu. FYI, di sini gak ada angkot yang ke Sukasari! Musti nyeberang dulu ke seberang gerbang 1, baru cari angkot lagi.
  • Naik apa ke TBS? Dari Ciawi naik angkot 01. Dari Merdeka atau Hero Pajajaran naik angkot 03. Dari Pasar Bogor atau Hero Pajajaran naik angkot 06. Dari Sukasari atau Warung Jambu naik angkot 09.

Semoga Berguna.

Entry filed under: travel. Tags: , .

Jakarte Gramedia & Fuji Film

20 Comments Add your own

  • 1. Kota Bogor « greenerz  |  April 22, 2009 at 11:07 am

    […] Kalo loe naik pesawat terbang. Dari bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, bisa langsung naik Bus Damri jurusan Bogor, bayar Rp. 30.000. Bus Damri ini sampai di terminal-nya di Bogor, pas banget di samping Botani Square, dan bagusnya … tepat ditengah kota. Terminal ini juga cuma berjarak kurang lebih 5 menit dari Terminal Bis Baranang Siang. […]

    Reply
  • 2. bofandra  |  June 3, 2009 at 2:25 pm

    kalau mau ke balaikota naik apa ya?😀

    Reply
    • 3. greenerz  |  June 3, 2009 at 3:04 pm

      dari terminal, jalan ke Tugu Kujang, naik angkot 03, 06, atau 13. Turun depan balaikota deh (Kantor Walikota)..😀

      Reply
  • 4. japra  |  December 2, 2009 at 3:24 am

    minta infonya, kalau mau ke cibodas, naik apa dari baranangsiang, terima kasih

    Reply
    • 5. greenerz  |  December 6, 2009 at 2:33 am

      ke cibodas naik mobil Colt yang warna-warna putih itu… turun di bawah jalan mau ke Cibodas, bayar sekitar Rp. 15ribu (mungkin sekarang dah naik). Bilang aja turun di Cibodas, trus, nyeberang, naik angkot yang naik ke atas Bumi Perkemahan Cibodas, bayar sekitar Rp. 2000 ato Rp. 3000…

      Reply
  • 6. milla  |  December 25, 2009 at 12:23 pm

    kalo bus ke bandung dari terminal baranang siang yang jalan subuh ada gak ya.., terima kasih

    Reply
    • 7. greenerz  |  December 26, 2009 at 7:16 am

      ada. tapi gak tau jam berapa. tongkrongin aja tu terminal dari jam 5 juga ada kok…
      terima kasih kembali.

      Reply
  • 8. Sumatera  |  January 2, 2010 at 7:53 pm

    Saya baru nyampe di Tangerang dari Sumatera…
    Kalo dari Tangerang ke Terminal Baranangsiang naik apa ya..??
    Trus kalo mau ke Kmpz IPB dari Terminal naik angkot apa ya..??

    Apakah Nonstop kendaraan dari Terminal ke Tangerang atau Jkt..??

    Terima Kasih…

    Reply
    • 9. greenerz  |  January 10, 2010 at 3:51 am

      dari tangerang cari bus antar kota langsung ke Bogor, mungkin bayarnya 20ribuan. Itu turun langsung di terminal baranang siang, kalo ke kampus IPB dari belakang terminal baranang siang naik angkot hijau 03 atau 09. Tanya aja yang lewat IPB mana aja..😀

      Reply
  • 10. Nazli  |  January 11, 2010 at 1:37 pm

    Sy mau nanya kalau mau k palembang ada ngga bisnya dari TBS? Biasanya jam berapa dan berapa harganya?

    Reply
  • 11. andhy  |  May 3, 2010 at 12:19 am

    kalo dari baranang siang ke kemang naik apa ya?

    Reply
  • 12. Ibhenk  |  June 26, 2010 at 7:44 am

    klo mau ke cibitung, bekasi naik bus apa ya… mohon bantuan nya.. terimakasih

    Reply
  • 13. Lukman  |  September 7, 2011 at 2:11 pm

    berguna banget brow infonya. hatur nuhun pisan

    Reply
    • 14. greenerz  |  September 15, 2011 at 12:24 am

      ok deh, sama-sama…

      Reply
    • 15. greenerz  |  September 15, 2011 at 12:25 am

      u r welcome yo…

      Reply
  • 16. gladys  |  December 5, 2011 at 2:14 am

    mw tnya klo dri terminal baranangsiang mw ke tangerang naik bis apa ya ? kira2 ada gk bis Ac’y cz sya bwa anak kecil jd agak ribet kl naik bis ekonomi, harga’y jga skalian ya gan. thx a lot

    Reply
    • 17. greenerz  |  December 20, 2011 at 1:38 pm

      Ada yang dari depan terminal ke arah tangerang. tapi bis kecil gak pake AC. Mendingan naik kereta aja. Transit di Tanah abang, kayaknya deh.

      Reply
  • 18. kristian ari widodo  |  January 12, 2012 at 8:53 pm

    mo tax ni gan! kalo dari TBS ke sukabumi, naekx ap? n ongkosx brp? trima kasih.

    Reply
    • 19. greenerz  |  January 27, 2012 at 5:27 am

      waduh, maap, udah lama banget gue gak ke sukabumi. siapin aja 30 ribu kali yak? gue sih dulu naik bis 3/4 dari TBS. bisa juga cari mobil colt yang nongkrong depan terminal (di jembatan).

      Reply
      • 20. Bit Bit Xnayahc K'v  |  April 15, 2012 at 3:37 am

        Dari bitung tangerang ke ciawi bogor ada bis langsung yg AC gx?
        kira-kira ongkosx berapa?
        dari sini lebih deket naik dari terminal mana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: