Pemanazan Globalz

May 29, 2009 at 12:28 am Leave a comment

Global warming. Global warming. Global warming.

Biarpun udah sering disebut-sebut, apa kalian udah beneran kenapa namanya ‘pemanasan global’? Terdiri dari dua kata; Panas dan global. Yang arti singkatnya, ‘panas di mana-mana loe ada’.

Pemanasan global ini terjadi kira-kira begini:
Matahari sebagai sumber panas utama kita, tiap hari dengan baiknya ngirimin panas ke bumi. Panas ini baik, karena dengan begitu Bumi bisa hidup; tanaman bisa berfotosintesis (baca: ‘masak’), dan manusia bisa beraktifitas. Panas matahari ini masuk ke Bumi, dan keluar lagi ke angkasa raya. Mereka cuma ‘mampir’ doang, just wanna say hello. Tapi ada juga sebagian dari panas itu yang tetap tinggal di Bumi.

The Sun and Earth

Untuk mencegah panas berlebih, Bumi punya atmosfer yang jadi ‘firewall’ untuk perlindungan semua kehidupan di dalamnya terhadap apa saja yang berasal dari luar planet.

Nah.. kita zoom-in ke planet Bumi, manusia yang kehidupannya makin modern ini, dengan segala teknologi mutakhir terkini, ide-ide brilian, dan gaya hidupnya, membuat atmosfer Bumi ini jadi tebal dengan apa yang disebut dengan greenhouse gases (gas-gas karbon dioksida and the gank). Gas-gas ini berasal dari pembakaran coal, asap-asap pabrik, pembakaran hutan, dan masih banyak lagi.

Gas-gas ini berbahaya karena ketika mereka sampai di atmosfer Bumi, mereka diam di situ dan ‘menyumbat’ atmosfer, sampe-sampe panas matahari yang tadinya cuma ‘mampir’ doang, eeeh, gak bisa keluar lagi. Dan hal ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Bayangin udah berapa banyak gas karbon dioksida yang kebuang di udara sekarang – kalo kita ngitung berapa ratus ribu pabrik yang ada di dunia ini, berapa ratus juta kendaraan bermotor yang dipake setiap harinya, dan berapa banyak listrik yang kita pake setiap jamnya… dll.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Judulnya? Koal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: