Transformers 2: Revenge of the Fallen

June 25, 2009 at 3:03 am 1 comment

Siapin beng-beng satu kotak, aqua botol besar, plus pop corn bungkus paling besar kalo mo nonton Transformers kedua ini. Apalagi kalo nontonnya ramean. Film ini lumayan lama soalnya. Durasinya lebih dari 2 jam, udah kayak film Harry Potter aje.

Menurut kabar, keesokan hari setelah dapet penghargaan MTV Movie Award untuk film pertamanya, Michael Bay gak mau menyia-nyiakan waktu dan langsung syuting sekuelnya. Niat boooo!

Biarpun dua tahun pembuatan filmnya, tapi lumayan up-to-date. Bisa diliat ada Presiden Obamanya (ya, biarpun cuma dari berita doang), dan ada satu adegan lumayan up to date lainnya, tapi gue lupa.

Untuk pembukaan, penonton langsung disuguhin adegan robot-robot yang nyerang Shanghai. Selanjutnya, keluarga Witwicky. Sam udah mau kuliah dan tinggal di kota lain. Bokap nyokapnya gak rela gitu mau ngelepasin Sam pergi dari rumah. Setelah itu, dikeluarin lah si sexy Mikaela yang pastinya udah ditunggu-tunggu penonton. Dan yaaa.. adegan pertama Mikaela juga as sexy as always :p.

Satu persatu pemeran utama dikeluarin. Bumblebee lumayan cute dan lucu. Dia keluar waktu tiba-tiba si Sam diserang sama robot-robot kecil yang tengil. Tapi karena takut kelihatan sama penduduk biasa, Bee disuruh masuk ke garasi lagi sama Sam. Bee-nya bete gitu jadi ‘ngerengek’ kayak anak kecil. Hyak… lucu sih. Tapi, untuk seukuran Autobots sekeren dan yang udah level tinggi kayak Bee, Bee jadi keliatan culun dan kayak anak kecil. Emangnya robot bisa merasakan BT? Hahaha… Dasar film!

Then, of course… dimunculkanlah the robots. Selama dua tahun Autobots ‘numpang tinggal’ di planet Bumi, mereka ‘nginep’ di kamp militernya Amrik, bareng Lennox dan Epps. Sekarang, Autobots udah tambah banyak. Nggak diceritain gimana kok bisa tambah banyak. Pokoknya tiba-tiba udah banyak aja di kamp militer itu. Ada Skids & Mudflaps, Ironhide, Ratchet, Arcee, Jolt, sama Sideswipe. Cuma satu Autobots, Ratchet, yang tinggal di sekitar penduduk.

Dua tahun lalu, Autobot perang lawan Decepticon di Bumi dibantu manusia. Setelah itu, selama dua tahun mereka gantian bantuin manusia di Bumi. Hubungan Autobots sama manusia (terutama para tentara militer) udah terjalin baik. Tapi entah Bay dapet ide tambahan karakter dari mana, waktu dapet informasi kalo Decepticons bakal balik ke Bumi, ada satu wakil langsung dari Presiden yang nggak setuju sama tinggalnya Autobots di Bumi (apalagi di Amerika). Dia anggap kalo Autobots lah yang bikin masalah. Karena ada mereka di Bumi, makanya Decepticons bakal dateng lagi ke Bumi. Ni dasar Obama gak pernah nonton Transfomers. Hahaha…

Tapi bikin gemes aja. Soalnya kalo di film pertama, kan, pemerintahan Amrik yang udah ‘temenan’ gitu sama Autobots. Jadi gak mungkin kalo Amrik malah risih ada Autobots di Bumi. Yaaa, itung-itung buat nambah bahan cerita si Mike Bay.

Sepertinya ada jutaan ide yang mau dimasukin ke satu film ini. Sedangkan lama penayangan film tuh sebenernya gak boleh lebih dari 3 jam. Dua jam aja penonton pasti udah ngeluh. Mereka mau bikin semua adegan itu keren dan punya cerita. Tapi hasilnya, nggak ada satupun yang fokus. Ada cerita ortu Sam yang gak rela ditinggalin Sam, ada cerita Sam yang berpikir kalo perang selanjutnya itu bukan perang dia, ada cerita Wakil presiden yang nganggep enteng Autobots, ada cerita Megatron hidup lagi, ada cerita Sam di kampus, dll. Lengkap, tapi jadi buyar.

Cerita terlalu rumit dan kebanyakan karakter. Banyak robot yang belum bisa dibedain. Kecuali loe fans sejati Transformers yang udah nonton kartunnya sampe udah ngelengkapin koleksi mainannya. Tapi gue, sampe sekarang gue belom bisa bedain yang mana Ironhide, yang mana Jolt. Yang mana Skids, yang mana Mudflap. Yang mana Starscream, yang mana Soundwave. Gue akhirnya tahu Ironhide, cuma karena si Sam neriakin “Ironhide!!!” di film.

Malah si Bay mau mamerin robot-robot lainnya lagi kayak The Fallen, Wheelie, Devastator (untungnya gampang dibedakan), dan masih banyak lagi. Weeew!!! Banyak banget. Sumpeh lieur.

Banyak juga karakter/adegan yang ketinggalan. Contohnya setelah Jetfire nge-transport Sam dkk ke Mesir. Seinget gue, Jetfire cuma ngetransport mereka yang ada di dalam lingkaran bahasa aneh yang ditulis si Sam. Tapi tiba-tiba The Twins juga ada di Mesir, dan setelah adegan ‘jatoh’ ke Mesir, robot kecilnya Mikaela ngilang (atau dihilangkan). Kasian banget dia. Padahal dia kan lucu dan imut, and it deserves more scenes until the end of the movie. Mungkin karena seharusnya cuma satu Decepticon yang ‘berkhianat’ jadi Autobots (Jetfire). Si robot kecil dibikin ngegantung posisinya, Decepticons or ..else. Gak bisa dibilang jadi Autobots juga, coz dia cuma baik sama Mikaela.

Khusus untuk Ratchet, salah satu dari banyak Autobots yang cuma jadi peran pembantu di film ini, gue kecewa. Secara, gue fan Ratchet. Hahaha. Ratchet dan beberapa autobots lainnya jadi sama sia-sianya kayak si Wakil Presiden tadi. Mereka cuma ‘sedikit taburan garam’ aja biar sayur buncis gak tawar-tawar amat. Bedanya, si wakil presiden emang peran sangat tidak penting.

Pada akhirnya, film ini seharusnya berjudul ‘The Adventure of Sam and the Robots.” Hahaha… Karena kalo judulnya Transformers, seharusnya mereka (para robot) yang main banyak, bukan manusia. Bukan Sam dan Mikaela. Di kartun aja, mana ada manusianya. Ya pokoknya robot dan robot lah.

Well, yeah… film ini emang banyak dikasih rating kecil sama beberapa website. Tapi, seperti biasa, kalo soal special effect, this movie is the best. Michael Bay udah berhasil nyewa orang-orang terbaik untuk bikin ni film. Gue sendiri excited, bukan karena filmnya atau Megan Foxnya (tentunya karna gue cewek!), atau si hebat Optimus Prime, atau si keren Starscream dan Megatron (malah Starscream di sini jadi cupu). Tapi karena visual effectnya keren abissss!!! Salut untuk mereka yang kerja di balik layar. Bay bisa memvisualisasikan hasil ‘storyboard’ ke layar dengan keren. Animatornya juga ngebuat para robot bertransform dengan keren abis, and… hail Sam’s parents! Ortu tergila ever! Hahahaha…

Sedikit panduan robot yang tampil di Transformers 2,
Autobots: Optimus Prime, Ironhide, Ratchet, Skids & Mudflaps, Bumblebee, Sideswipe, Arcee, Jetfire, dan Jolt.
Decepticons: The Fallen, Megatron, Starscream, Sideways, Scorponok, Soundwave, Ravage, The Doctor, Wheelie, Demolishor, Devastator (Scavanger, Scrapper, Hightower, Longhaul, Rampage, Overload, Mixmaster).

FYI,  di satu adegan di dalam National Museum Smithsonian, ada pesawat yang lumayan di’fokusin’ sepintas – Enola Gay. Pesawat ini ikutan ngebom Hiroshima dan Nagasaki tahun 1945 dulu.

And watch this Behind the Scene Day 1 by clicking this link.

Entry filed under: film. Tags: .

Antara aku dan…

1 Comment Add your own

  • 1. john  |  December 19, 2009 at 11:26 pm

    mainan nya mana Bos

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: