Ekspedisi Gunung Soputan

November 3, 2009 at 10:27 am 1 comment

Gunung Soputan ada di daerah Minahasa, Sulawesi Utara, yang tingginya sekitar 1700m, berlokasi sekitar 2 jam dari kota Manado. Dan beginilah cerita perjalanannya…

Manado, 1 Okt 09, 19:30.
Udah kumpul, berdoa, dan rame-rame naik di satu bis yang udah disewa (Bis Karombasan-Kawangkoan) seharga Rp.300.000 sampe ke desa Tourae. Perjalanan 28 orang ini bener-bener rame euy. Beberapa dari kita banyak juga yang baru pertama kali ini mendaki gunung. Persiapan tenda cuma 1, selebihnya tikar dan terpal. Cuma mereka yang emang sering hiking yang punya peralatan rada lengkap kayak matras, sleeping bag, sama misting. Selebihnya.. kami serahkan dalam doa… huehehehe…

Sampe di Tourae, kita berdoa lagi, dan jam 22.00 mulai jalan. Perjalanan cuma datar-datar aja, kiri-kanan kebun orang, dan sebenernya bis masih bisa antar sampe kira-kira 300 meter ke dalam. Pemandangan malam lumayan asik dengan bulan yang cukup terang (dikit lagi purnama), dan bintang-bintang yang mulai keliatan. Track mulai mendaki, tapi tetep, cuma jalan biasa.

Memasuki hutan, mulai dalam, mulai tertutup pepohonan, mulai lebih gelap, jalan mulai lebih sempit. Tapi, track tetep mudah untuk pemula. Tapi kadang harus hati-hati karena ada jurang. Ada track sungai juga, tapi enggak begitu tinggi, cuma sebatas mata kaki. Kita jalan di lembah, antara bukit dan bukit. Bau belerang mulai kecium banget, dan lama-lama ilalang tambah tinggi.

Terakhir, kita lewatin satu ujung sungai kecil itu, yang udah dikasih kayu/bambu sama ‘pendahulu’ supaya gampang nampung air. Itu track terakhir yang gampang dilalui, selanjutnya, langsung track nanjak yang lumayan harus pegangan. Naik sekitar 30-40 meter ke atas, dan sampailah di Pepohonan Pinus. Di sana ada satu tempat datar agak luas yang jadi basecamp kita untuk istirahat. Jam 2 pagi kita sampai di sana.

Bukit Soputan, 1 Okt, 04:00.
Temen-temen pada kedinginan, gue pun gak bisa tidur. Huahaha. Sumpeh, dingin juga ternyata. Gue tidur di hammock. Matras gue pinjemin ke Kak Reps, Sleeping bag gue pinjemin ke Tika, dan gue yang sok baik hati itu tidur pake 3 lapis (baju, sweater, jaket) plus sarung. Tapi gue tetep menggigil gila. Dalam hati gue, gue teriak… “I NEED MY SLEEPING BAG!!!!”.. hahaha..

Akhirnya tiga temen yang bener-bener gak bisa tidur karena kedinginan (salah kostum), minta dipasangin api unggun. Ikutan lah gue.. hehe..

Jam 5 pagi di Soputan, udah mulai terang benderang… hmm… tempat yang aneh.. haha..

(bersambung)

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Tiga Bulan 2day

1 Comment Add your own

  • 1. arnold  |  December 9, 2009 at 10:47 am

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    email : tendakubandung@yahoo.com
    thx..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: