Sekilas Manado (Part 2)

February 6, 2010 at 11:33 am 4 comments

Di tulisan Sekilas Manado gue sebelumnya, gue mengesankan kehidupan kota Manado yang mahal dan ‘nggak banget’. Dan sekarang, gue mau cerita sisi lain kota Manado seperti yang sudah gue jalani hampir 3 bulan ini.

Gue pindah dari kota Manado ke pinggiran kota yang jaraknya satu setengah jam versi angkot Manado, tapi gue yakin cuma 20-30 menit versi orang yang pegang SIM Jakarta :p Gue tinggal di Kecamatan Bunaken, di salah satu ujung pulau Sulawesi bagian Utara. Ke Pulau Bunaken juga tinggal nyeberang sekitar 15 menit aja. Jadi, kecamatan ini terdiri dari beberapa kelurahan… atau bisa dibilang kampung. Penduduk-penduduk di sini rata-rata saling mengenal satu sama lain biarpun kampung mereka berjauhan.

Ya, emang kecamatan ini bukan tempat orang kerja… secara kampung gitu loh. Tapi ada banyak orang yang kost di sekitar sini karena mereka (termasuk gue) kerja di hotel, resort, atau diving center terdekat. Dan informasi yang bisa gue berikan:

Akomodasi:
Super duper murah (kayak lagi Sale di Matahari aje) harga per kamar per bulannya. Bisa dapet dari Rp. 100.000,- sampe Rp. 350.000,- Harga-harganya bervariasi dengan fasilitas yang udah disediain. Kalo kost gue yang Rp. 350.000,- udah dapet kasur (spring bed bo), meja (tapi gak dapet lemari), kamarnya lumayan besar dan yang paling mantap — makan pagi dan malam. Yoi gak tuh.

Patut dipertimbangkan kalo anda-anda ini lagi dapet kerja di pinggiran kota Manado, seenggaknya cari yang kamar mandinya bagus (seenggaknya layak) dan sudah pake kran air, karena ada juga yang masih timba air dari sumur. Juga, cari tempat kost yang dekat tempat makan. Tapi karena di manado sini jarang banget yang namanya ‘warteg’, jadi, carilah kost yang sudah sediakan makan di rumah (atau seenggaknya loe bisa masak dengan bersih dan sehat di kost).

Transportasi:
Agak susah. Transportasi rame tersedia kalo pagi-pagi pas jam berangkat sekolah dan pas pulang kerja aja. Itupun cuma beberapa angkot yang tersedia. Mulai jam 9 pagi – 3 sore angkot susah banget dan ngandelin ojek. Ojekpun cuma nongkrong di kelurahan terdekat dari Manado, di kampung gue ini gak ada pangkalan ojek. Hiks. Kalo mau ke Manado tengah hari, bisa nunggu angkot sampe dua jam baru dapet.
Kalo mo naik ojek dari Tuminting ke Tongkeina Rp. 15.000,-
Naik angkot Rp. 3.000,-

Makan:
Seperti yang udah gue bilang, di Manado sini jarang banget warteg. Jadi, musti beli cemilan ato bahan makanan dari Manado… Huh…

Hiburan:
Biarpun Manado ini dekat laut, tapi pantainya nggak bisa ditongkrongin. Sedih deh. Soalnya hutan bakau gitu, dan gak ada tempat yang bisa ditonkrongin sama sekali. Tapi ada bukit dekat sini yang katanya sih keren banget kalo malem-malem ke sana, karena pemandangannya asoy geboy. Namanya Bukit Doa dan Gunung Tumpa.
Di sini juga ada resort yang asik banget buat diving ato cuma buat relax.

Entry filed under: travel. Tags: .

Biru dan Putih Kampung Halaman

4 Comments Add your own

  • 1. upikapaw  |  October 26, 2011 at 3:26 am

    jadi idealnya berapa tuh di manado gajinya yang bisa mencukupi biaya hidup dan gaya hidup?kali aja tar di terima kerja di manado

    Reply
    • 2. greenerz  |  December 20, 2011 at 1:42 pm

      buat yang masih single sih menurut gue min. 2,5 lah. Itu udah cukup, gak ada kurang. tapi gaji-gaji di manado rata-rata ‘tidak berperi kemanusiaan’ (sori), maksudnya, pelit gitu deh. Soalnya pengalaman gue pas diinterview, walaupun gue udah berpengalaman, dan menurut gue, gue punya skill dan knowledge, tapi gue cuma ditawarin Rp. 900ribu per bulan. Gila banget. Dan pas diinterview perusahaan bagus pun, di salah satu perusahaan media terbesar di sana, gue nawarin gaji 2 juta, tanggepan mereka kayaknya ‘duh mahal amat’.

      Jadi, kerja di manado nggak akan mencukupi hidup loe di bidang ekonomi kehidupan loe, dan pengalaman.

      Itu menurut gue.

      Reply
  • 3. jet  |  January 5, 2013 at 5:44 am

    Bos, kostnya di mana bisa dapet segitu? Alamat jelasnya ya kalau bisa…

    Reply
    • 4. greenerz  |  January 5, 2013 at 8:33 am

      Seperti yg gw tulis di atas, itu di pinggir kota. Jadinya ya jauh dr manado. Susah jg angkotnya. Jd kalo loe kerja di manadonya ya, jgn kost di situ. Kost gw td di Tongkeina.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

