Tamu-tamu hotel

February 26, 2010 at 11:24 am 2 comments

Ini hasil pengamatan gue selama 3 bulan kerja di hotel…

  • Tamu manja
    Jenis orang yang pengen dinomor-satukan. Dia anggep dia dateng ke hotel itu sebagai tamu, dan dia anggep dia orang penting yang harus dilayani sebaik mungkin.
    Ada dua jenis tamu manja ini; bilang aja yang positif dan negatif. Kalo yang positif – tamu ini manja tapi baik. Rendah hati, suka berinteraksi sama karyawan, dan suka kasih tip. Nah, kalo yang negatif – tamu ini manja dan juga rese. Pengen dapetin fasilitasi hotel sebaik mungkin dan malah semau dia, banyak ngeluhnya dan complain terus, nganggep rendah karyawan, pengennya yang gratisan aja, dan nggak mungkin kasih tip. Di pengalaman gue ada satu tamu gelo ini dan bener-bener bikin sebel hampir semua karyawan Front Office… (untuk kalian tamu hotel bertipe manja seperti ini… please don’t do that. Mungkin kalian akan menilai rendah hotel yang dituju, tapi karyawan hotelpun juga akan punya penilaian buat kalian)
  • Tamu bisnis
    Mereka suka kecewa waktu dateng ke hotel kita yang sebenernya adalah Resort, tapi mereka orang yang ‘fair’. Gaya bicara mereka formal dan berwibawa, kalo diajak ngobrol juga asik dan nggak merendahkan karyawan. Di pengalaman gue, malahan dia nyalamin gue.
  • Tamu resort
    Mereka emang dateng ke hotel (resort) untuk istirahat. Just to relax. Mereka senang berada di hotel yang mereka pilih, suka berinteraksi sama karyawan juga orang lokal, dan emang udah siapin duit untuk diborosin di diving ato spa treatment ato highland tour ato buffet dinner.
  • Tamu daerah
    Entah gue mau sebut jenis tamu apa ini. hehehe… Mereka ini tipe tamu yang keliatannya jarang nginep di hotel. Entah itu tamu-tamu yang sebenernya pekerja kantor apa, ato beneran orang dari ‘hutan’… hihihi… Mereka nginep di hotel karena ada keperluan kantor biasanya. Mereka merasa senang bisa nginep di hotel karena dibayarin kantor, malu-malu tapi sebenernya kalo diajak berinteraksi/ngobrol juga asik dan ramah. Mereka juga akan inget elo terus. Di pengalaman terakhir gue ada satu bapak yang baik banget dan dia inget nama gue. Seneng deh. Hehehe…
  • Tamu tajir pengen murah
    Yup, bisa diliat dari tulisan di atas. Mereka ini adalah tamu-tamu yang emang sering berlibur di hotel dan tahu sedikit atau banyak cara kerja dunia perhotelan. Ada tamu yang pengen dimurahin (biasanya isteri-isteri), dan ada juga tamua yang pengen digratisin aja. Di pengalaman terakhir hotel gue juga ada tamu yang pengennya digratisin melulu karena ngerasa dia udah ‘sumbang’ banyak buat hotel, dan dia minta ‘gantinya’.

Tadinya sih inti tulisan yang mau gue buat ini tuh mau curhatin kalo kita para pekerja juga sama-sama manusia…! Rocker juga manusia. Hmmm… Hahaha… Gue kadang juga lucu ndiri, dulu sebelum gue gawe di hotel gini, gue juga tipe customer yang manja kadang-kadang. Thank God I work in a customer service world. It changes my attitude and point of view. Hehehe..

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Cuma 3 Jam Malem Minggu

2 Comments Add your own

  • 1. [A]  |  March 4, 2010 at 4:24 pm

    welcome to the service industry! u gotta ‘love’ it >:)

    Reply
    • 2. greenerz  |  March 7, 2010 at 11:56 pm

      hell yeah… :p

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

