Corat-coret Lulus Sekolah

May 23, 2011 at 9:31 pm Leave a comment

Gue baru baca koran tentang larangan coret-coret baju di sekolah setelah dapet hasil kelulusan.
Kemudian diriku mengenang masa lalu… (caelah..)

Lama belajar di SD tuh sampe 6 tahun. Mungkin karena kita masih kecil dan asik-asik aja ikut sekolah jadinya nggak erlalu kerasa lama waktu 6 tahun itu. Waktu itu tahun 1998, waktu gue udah mo ujian Ebtanas kelas 6, pas-pas waktu kerusuhan di Jakarta. Gue, kakak gue sama temen-temen kakak gue sempet kagak bisa pulang karena takut di jalan masih rusuh sedangkan kita masih anak-anak kecil. DAN rumah gue ada di Bogor. Setiap hari emang, gue dan kakak gue bolak-balik Jkt-Bgr untuk sekolah. Hahaha… Dan waktu lulus… maklum… gue kan anak gaul… baju gue pun sampe ke rok banyak coretan pilox dari temen-temen yang isinya ucapan-ucapan selamat, don’t forget me, good luck, tanda-tangan temen-temen, dll… Warna putih baju sekolah jadi warna-warni spidol ama pilox, trus Robekan di sini sana. It was fun and unforgetable karena satu kelas kita waktu itu cuma 7 orang.

Lain lagi waktu SMP (di Bogor) dari perjuangan 3 tahun belajar, dan setiap hari ebtanas di Jakarta karena sekolah gue masih belum bisa ebtanas sendiri. Setiap hari bareng temen-temen sama guru ke jakarta naik bis ato sewa mobil, trus pulangnya naik kereta. Kenalan sama temen-temen di jakarta, dapet kecengan dan pengalaman kerja sama contek sini sono biarpun baru kenalan beberapa hari… seru deh. Di akhir kelulusan.. kitapun corat-coret. Baju SMP kita jadi saksi persahabatan dua sekolah Jkt-Bgr… seru dah… It was also fun and unforgetable.

Dan waktu SMA, udah diberlakukan ujian baru yang namanya UAN. UAN dengan minimal kelulusan 4.0 (waktu tahun 2004) bikin kita geregetan, ketakutan. Tahun itu tadinya udah mo diberlakuin kalo gak lulus nggak bakal ada ujian ulang, tapi pemerintah ganti, terakhir tahun itu masih dikasih dispensasi ujian ulang. Well… alhamdulilah gue lulus, tapi dari sekitar 32 orang angkatan kita ada 1 orang yang enggak lulus. Jadi lumayan terhenyak gitu deh. Tapi… coret-coret tetap berlangsung… Seru pisan dan tetap aman. It was also fun and unforgetabl. Tahun di SMA itu salah satu tahun yang asik banget dan gue enjoy karena gue bisa bersosialisasi sama berbagai jenis orang, karakter dan agama yang sebelumnya gue nggak pernah temuin.

Jadiiiii…. coret-coret habis lulus sekolah itu bener-bener asik dan jadi satu tradisi khas pelajar Indonesia yang unik. Bagi gue yang coret-coretnya nggak sampe anarkis pilox-pilox dinding rumah orang ato apa kek, kegiatan ini tuh asik. Pertama, bikin satu pasang baju sekolah jadi kenang-kenangan yang isinya tulisan temen-temen seperjuangan belajar, main, berantem, nangis, musuhan, lomba belajar, lomba lari, kompetisi voli sampe ke bandung, dilabrak dan melabrak, dll. Kedua, jadi dokumentasi daftar nama temen-temen yang mungkin kita lupa pas udah kuliah ato nikah. Ketiga, mmm… ya menyenangkan aja. Sampe hari ini gue dah nikah, dah mo punya anak, 3 pasang baju itu masih ada di rumah, nggak dibuang dan masih digantung dilemari baju. Nggak bau apek biarpun nggak pernah dicuci. Kakak gue juga begitu. Beda sama kata koran yang katanya sia-sia aja coret baju karena nantinya cuma bakal dijadiin pel atau alas kaki di rumah. Hahaha… Maaf ya. Nggak terjadi di kehidupan gue.

Jadi, kasian gue ngeliat anak-anak sekarang yang udah dilarang corat-coret baju di sekolah. Memang pemikiran orang tua berbeda sama anak-anak. Mungkin kata gue, biarin aja mereka coret-coret baju di sekolah ampe spidol dan pilox habis daripada karena nggak boleh dilakukan di sekolah, mereka ke luar, di bawah jembatan ato di sebelah gedung orang trus sekalian mereka coret itu jembatan dan gedung orang. Mana yang lebih parah?

Sekolah juga seharusnya bisa kreatif, kasih satu ruang ato dindinh atau papan untuk tiap angkatan bisa gambar/coret/berkarya tanda terima kasih ato kenang-kenangan mereka ke sekolah. Graffity corner begitulah. Soalnya waktu gue kelas 2 sma, ada lomba 17 agustusan, kompetisinya menggambar dinding lapangan basket outdoor di sekolah per kelas… Dan gambar kita masih ada sampe sekitar 5 tahun kemudian pas kita reunian lagi ke sekolah… So sweet banget…

So… inti tulisan gue ini… I say YES to school uniform drawing party!!! Hell Yeah. Hahaha…

Advertisements

Entry filed under: hari ini.

Cuma curhat Makan di Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: