Makan di Manado

May 24, 2011 at 8:52 am Leave a comment

Mari yuk mari ngebahas makanan yang ada di Manado… hehehe…

Manado ntuh kota pinggir laut, so… otomatis banyak menu ikannya. Tapi aneh juga ada ikan yang di ‘impor’ dari Kalimantan.

Pertama, untuk makan pagi.
Jalan Wakeke dikenal sebagai tempal ngumpulnya rumah makan Bubur Manado yang buka pagi-pagi sampe siang. Rumah-rumah makan di Wakeke tempatnya bersih, rapi dan banyak menunya. Ada bubur manado, mie campur (bubur campur mie), perkedel jagung, perkedel nike, pisang goreng, dll. Banyak dikunjungi wisatawan maupun lokal. BUT Harganya agak mahal. Satu pisang goreng Rp. 2000. Gue pernah makan berdua ama temen, cuma makan pagi bisa sampe Rp. 50.000an. Hmmmm. teringat pas ngekos di Jakarta makan di warteg cuma 5.000 aja dah kuenyang. Segitu Ibu kota. Ini di Wakeke seharusnya juga nggak terlalu mahal mengingat Bubur Manado emang makanan sehari-hari dengan sumber bahan masakan yang juga banyak di sana. Dan rasa makanannya juga biasa aja. Nggak wah. Jadi, gue ngajak nyokap gue ke hotel New Queen yang ada di Wakeke untuk makan bubur ayam. Merek juga buka untuk umum. Harganya murah (standar), rasa bubur Manadonya lebih enak, pisang gorengnya juga lebih enak, ruangannya berAC, ada TV layar lebar, waiternya ramah, FREE WIFI, dan gue bisa nongkrong sampe siang di situ untuk ngenet gratis. Hahaha. Sayangnya nggak ada bubur ayam… hiks.

Kedua, untuk makan siang.
Kalo udah siang tentunya pilihan tempat makan lebih banyak. Salah satu pilihan tempat makan siang gue ama nyokap ada di gang sebelah kanan RM Dabu-Dabu kalo dari jalan Boulevard. Itu tuh tempat makan siangnya karyawan-karyawan yang kerja deket situ. Dari ikan suwir roa, cakalang, kangkung, perkedel jagung, dll. Banyak deh. Bikin ngiler. Harganya lebih murah. Ato bisa juga ke daerah Taman Kesatuan Bangsa, depan Bank Mandiri, naaah di situ juga kumpulan warteg untuk karyawan bank-bank didekatnya. Banyak menunya, ada juga es kacang loh.

Tempat makan lain setingkat restoran jua banyak. Semua rame. Semua laku. Gue juga bingung. Ni orang-orang Manado pada kagak masak di rumah, ato emang demen jajan, ato terlalu mengikuti selera perut – makan apa aja yang mereka pengen makan – banyak duit ini kok, ato. .. alasan lainnya. Gue liat Solaria, penuh (di semua cabang). Gue liat Texas, lumayan lah. Gue liat KFC rame ajah. Gue liat McD, beuh, apalagi. Gue liat Ocean 77, rame juga. Gue liat warteg depan Bank Mandiri, wajar kalo rame. Gue liat warteg sebelah Dabu-Dabu, sama juga rame. Ke food court ITC ama Megamal, rame juga. Pizza Hut juga nggak kalah. Gila emang. Orang-orang konsumtif dan laper mata.

Ketiga, untuk makan malam.
Wah kalo namanya makan malam sih… jangan ditanyaaa…. banyak banget pilihan tempat enak… Hahaha.

Untuk ramean sekeluarga ato temen-temen yang baru dateng dari luar kota cocok diajak ke RM di pinggir pantai kayak Wisata Bahari, Nelayan, Ocean 77, Wahaha ato Kharisma. Ajak dari sunset untuk liat sunset pinggir pantai. Pilihan gue jatuh ke Nelayan. Ada live band dan bisa ikutan nyanyi juga. Ruanganya luas banget dan bersih.

Kalo mau yang romantis, bisa ke The Club ato restoran pinggir pantai di ujung kompleks Megamas (gue lupa namanya). Sejak pertama kali gue ke sana, langasung jatuh cinta ama tempat dan makannya. Menunya asik, rasa makanannya enak, tempatnya bersih dan asik. Remang-remang gitu.

Tempat favorit gue lainnya di salah satu resto yang ada di atas Multimart Megamas, gue suka di Country, tempat makan masakan barat (ayam, milkshake, salad, dll). Di situ juga ada restoran masakan Manado, sama makanan China/Jepang. Makanan aneh-aneh menuru gue. Haha. Bis juga ke Ayam Goreng Ratu (jangan makan sendiri karena porsi dan harganya cocok untuk 3 orang ke atas). Nah di sini gue dapet sate ayam dan es buah paling enak seManado. Sumpah, kagak boong. Gue foto es buahnya dan bikin gue ngiler setiap hari karena gue pajang jadi wallpaper hp. Haha.

Eternity yang ada di Mantos, depan Es teler 77 juga tempat nongkrong favorit gue dari sore ampe malem. Makanannya enak-enak. Es buahnya enak. Nasi goreng cakalangnya muantap. Ada bubur ayam. Bubur Manadonya juga uenak. Pisang goreng khasnya juga favorit gue!!! (pisang goreng potong kecil campur keju di atasnya). Milkshakenya enak. Trus Free WiFi. One of the best place. Gue demen banget nongkrong sendirian di sana.

Ada juga. ….. (lupa). Tempat tongkrongan gue ama suami dulu waktu pacaran. Di situ selalu rame karena asik dan bebas. Disediain catur untuk main, banyak colokan untuk pasang laptop dan online berjam-jam. Itu foodcourt dikelilingin sama stand makanan dari ujung ke ujung. Memang mereka buka sampe lewat dari jam 1 malam. Tapi menunya udah limited abis setelah jam 11. Padahal waktu itu gue udah kelaperan abis dan emang berniat makan dan online di situ karena lagi pengen cari murah dan bisa nongkrong ampe malem.

Next… tempat makan enak lainnya ada di sekitaran kehidupan gue aja. Di rumah dan di warteg depan rumah. Banyak juga makanan warteg dan restoran yang sebenerny disediain di rumah dan lebih enak. Ada perkedel jagung, nike, setiap hari cakalang, sambal puedas, kangkung, setiap minggu mie campur, ikan bakar, ikan goreng, ikan woku belanga, ikan woku daun, nogosari, bolu, pisang goreng, dll. Dan mie campur paling enak se Manado ada di warteg depan rumah. Hehehe. Mienya enak, kentalnya enak, sayurnya enak, telurnya enak. Perfect.

Tempat makan lain yang juga favorit gue tapi nggak kebahas di sini:
– Mpek-mpek di Teling
– Jejeran Nasi Kuning di pal 2
– Mie Topan
– RM ayam-ayam lalap sekitaran kampus unsrat
– Bakso Singkil (reccomended)
– Es Teler 77 (mie nya paling cocok ama gue orang luar Manado. I can say mie-mie orang Manado kagak ada yang enak. Hehe. No offense).
– Pizza Hut dan McD (pengobat foodsick makanan barat kalo dah eneg makan ikan tiap hari dan makanan manado lainnya… yup, biarpun gue orang manado, entah kenapa gue nggak terlalu cocok ama makanan sini. Gue lebih suka sayur, buah, salad, roti dan es kriiimm!!! di banding ikan!!! hiks)

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Corat-coret Lulus Sekolah HADOH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: