Paska Melahirkan (Bagian 4)

September 6, 2011 at 4:34 am Leave a comment

Pengetahuan orang tua akan imunisasi serta jadwalnya merupakan salah satu hal penting setelah si kecil lahir. Di pengalaman saya sendiri, sebelum saya melahirkan, saya terlalu sibuk mencari ilmu dalam perawatan bayi dan lupa akan imunisasi, sampai-sampai saya nggak tahu apa-apa tentang imunisasi, dan anak saya terlambat diimunisasi. Untungnya sih cuma terlambat 1 bulan. Tapi jadi agak berabe  juga.

Ikatan Dokter Indonesia telah mengeluarkan jadwal Imunisasi 2010, jadwal terbaru yang mereka keluarkan. Sayangnya, buku Passport Kesehatan anak yang saya terima dari Rumah Sakit sehabis melahirkan, masih diberikan jadwal imunisasi yang tahun 2006. Di rumah, saya agak ‘maksa’ sama keluarga tentang memberikan imunisasi kepada si kecil yang sesuai dengan Jadwal Imunisasi 2010. Karena saya pikir, mengapa para dokter meng-update terus Jadwal Imunisasinya, pasti karena ada penelitian lebih lanjut, yang lebih up-to-date tentang pemberian imunisasi yang baik kepada anak bayi. Sedangkan suami saya cuek bebek. Sedangkan juga ibu mertua saya memaksakan jadwal imunisasi yang dia tahu (jadwal tahun jebot pasti, hehe).

Jadi, coba download/save Jadwal_Imunisasi_Juni_2010   yang saya lampirkan di postingan ini. Sebetulnya bisa saja jadwal imunisasi anak Anda berubah karena dokter melihat kondisi si kecil dulu. Tapi kalau si kecil sehat-sehat saja, ataupun pilek/demam kecil yang tidak parah, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (dari websitenya), dikatakan tidak apa-apa diberikan imunisasi. Agar pemberian imunisasinya lancar, nggak melenceng dari jadwal, sehingga si orang tua tidak bingung.

 

Entry filed under: hari ini.

Dissapointed to DH Pengalaman Imunisasi Anak

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

