Sejauh ini…

September 21, 2011 at 2:28 pm Leave a comment

Sejauh ini, yang gue pelajari dari pengalaman cari kerja adalah:

  • Kadang, orang berpikir cari kerja itu susah biarpun udah punya sarjana S1. Kita musti introspeksi diri sendiri dengan bertanya, kenapa gue belom dapet kerjaan juga? Jangan-jangan emang karena belom nyari. Maksud gue, bisa aja kita udah nyari di koran, tapi dikit banget lowongannya. Ya musti tahu kalo iklan lowongan kerja banyaknya di Kompas hari Sabtu. Bisa juga cari di google. Tapi kenapa nggak cari di Jobstreet ato JobsDb yang lebih efisien dan gampang? Lowongan kerja diupdate setiap hari dan banyak banget dari perusahaan-perusahaan bagus juga. Semua udah tersedia, dan tinggal kitanya aja getol dan niat nggak ngirim lamarannya?
  • Nggak papa kalo nggak jago bikin surat lamaran ato CV. Semua kan bisa dimulai dengan belajar dan mencontek. Hahaha… Tinggal search di google: contoh surat lamaran kerja (beserta posisinya).
  • Walaupun gue pegang trik ‘kirim aja lamaran sebanyak-banyaknya karena belum tentu dipanggil interview, apalagi diterima’, tetep aja musti pilih pekerjaan dengan lokasi kerja yang terjangkau dari rumah dan ongkosnya masih masuk logika, kecuali gue masih single, prinsipnya lain lagi: kerja di mane aje gue suka.
  • Kalo yang interview perusahaan Indonesia, pertanyaannya cuma sekitar CV. Perusahaan yang bagusan lagi bakal tanya lebih dalam lagi tentang apa saja yang dia mau tanyain. Kalo perusahaan yang udah keren dan punya standar tinggi, pertanyaannya bakalan beda dari yang lainnya, bisa jadi nggak bakal tanya lagi soal pengalaman kerja karena udah ada di CV, mereka menekankan akan pertanyaan-pertanyaan sekitar bagaimana cara kita menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah atau tugas. Yup, bagus juga karena memang… it’s not about what we do, but how we do it.
  • Juga, yang terakhir, bahwa selain bawa diri untuk diinterview, tapi juga jadi belajar menghadapi pertanyaan-pertanyaan interview, harusnya jawab apa, harusnya bersikap gimana, dan yang nggak kalah pentingnya, gue juga belajar jalan-jalan di kota Jakarta. Yang tadinya gue cuma tahu Cawang, Salemba, Palmerah, Kuningan ama Sudirman… sekarang gue udah tahu daerah Kapt. Tendean sama Pluit (biarpun cuma liat dari Google Earth).

Entry filed under: hari ini. Tags: .

The longer we live, The wiser we are Hari ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: