Mengurus Paspor di Bogor

November 1, 2012 at 6:48 pm Leave a comment

Ni posting ke-2 gue tentang pengurusan paspor di Bogor, hehe.

Alamat kantor imigrasi (Kanim) Bogor:

JL. Jend. A. Yani, No. 65, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Telp: 0251-338074
Fax : 0251-332870

Biaya: Paspor 48 halaman, IDR 255.000,-

          Paspor 24 halaman, IDR 105.000,-

Prosedur manual (bukan pendaftaran online):

1. Datang ke kanim, ke tempat foto kopi yang ada di halaman kanim untuk beli map kuning yang berisi sampul buku paspor dan Surat Pernyataan. Harganya di Bogor Rp. 15.000,-. Jika paspornya untuk anak, minta form Surat Pernyataan Orang Tua juga di situ.

2. Ambil Formulir yang ada di dalam kanim untuk diisi.

3. Lengkapi dokumen fotokopiannya: KTP, Kartu keluarga, Ijasah, Akta Nikah, Akta kelahiran, Surat ganti nama (jika pernah), surat rekomendasi kantor/sponsor (terutama yang PNS, swasta nggak wajib katanya), paspor lama (jika ini perpanjangan paspor).

4. Menyerahkan berkas-berkas tersebut ke loket Penyerahan Berkas. Kemudian akan diberikan jadwal wawancara dan foto.

5. Bayar paspor, lalu mengikuti sesi wawancara dan foto. Di hari ini harus di bawah semua dokumen aslinya.

6. Paspor bisa diambil dalam waktu 4 hari kerja.

Saran gue sih, kalo mo bikin paspor, siapin dulu semua dokumen No. 3 di atas sebelum datang ke kanim. Nah, rencanain dulu pas mo ke Kanim, dateng pagi-pagi jam 7, langsung ambil nomor antrian Penyerahan Berkas, trus beli map kuning dan ambil formulir aplikasi. Sambil nunggu nomor antriannya lewat, ya ngisi semua formulir tadi. Gue kemarin dateng jam 8, dapet nomor antrian 39. Waktu itu baru nomor 4. Nomor gue dipanggil baru pas jam 9an. Ya nggak lama banget sih (gue pikir bakal ngantri 3 jam).

Setelah dokumen di terima, bakal dikasih tanda terima yang juga berisi informasi kapan akan diwawancara, plus foto. Gue nyerahin berkas hari Selasa, dapet sesi fotonya hari Jumat. Lama juga, menghitung waktu terima paspor juga masih harus nunggu 4 hari kemudian.

Nah, kalau ngisi aplikasinya online sih pasti lebih gampang, walaupun gue belom nyoba. 

Ke websitenya aja di sini, trus abis diisi-isi kolomnya, dokumen yang diperluin harus di scan trus di upload. Setelah itu baru pilih kanim mana yang mo dikunjungi, sama tanggal kedatangan kita, pilih sendiri juga sesuai dengan kemauan/jadwal kita. Lebih asik sih.

Triknya, pilih kanim yang kira-kira nggak banyak dikunjungi orang. Karena kalo salah pilih, bisa baru dapet jadwal beberapa minggu atau bulan kedepan. Sedangkan kanim yang jarang dikunjungi orang, bisa jadi besoknya langsung dapet jadwal wawancara plus foto.

 

Semoga bermanfaat.

Entry filed under: hari ini. Tags: .

Crazy Crazy Life 2012 in review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


“I've learned that everyone wants to live on top of the mountain, but all the happiness and growth occurs while you're climbing it.”

%d bloggers like this: